253 Pelamar CPNS Kemenkumham Bengkulu Lolos Tes Kompetensi Dasar

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu, Ilham Djaya. (Foto : ist)

RedaksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Sebanyak 2.315 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu, tingkat Dokter dan Sarjana tidak memenuhi standar (TMS) passing grade dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) melalui Computer Assisted Test (CAT) yang diterapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kepala Kanwil Kemenkumham RI Provinsi Bengkulu, Ilham Djaya ketika mengatakan, dari jumlah yang TMS tersebut, hanya 253 pelamar CPNS yang memenuhi passing grade. Passing grade yang ditetapkan telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri (Permen) Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 22/2017, yakni 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sehingga total peserta yang berhak ikut tes CAT adalah sebanyak 2.939 pelamar.

“Yang hadir dalam pelaksanaan tes CAT adalah sebanyak 2.568 pelamar. Sisanya, 371 pelamar tidak hadir dalam tes CAT dan dari seleksi tersebut, 2.315 pelamar tidak memenuhi passing grade yang ditetapkan dan hanya 253 pelamar yang memenuhi “, ujar Ilham di sela-sela mengawasi pendaftaran CPNS tingkat SLTA di Poltek Kesehatan Bengkulu, Kamis (14/9/2017).

Untuk Ujian CAT tingkat Dokter dan Sarjana telah dilaksanakan selama 3 hari yakni mulai 11 – 13 September 2017 yang dijadwalkan oleh Pusat dan berakhir pada 16 September 2017 mendatang.

“Hasilnya sudah langsung bisa dilihat saat itu juga. Kami transparan terhadap hasil tes karena semua dari pusat”, paparnya.

Tes selanjutnya yang harus dilewati pelamar adalah tes bidang yang akan diujikan langsung di depan para interviewer di Jakarta. Misalnya, lulusan Bahasa Inggris akan diujikan melalui TOEFL dan sebagainya.

“Untuk waktunya, kami belum tahu kapan dan masih menunggu dari pusat”, tambahnya.

Sedangkan hasil TKD, lanjut Ilham, bukan merupakan keputusan final, karena hasil keputusan siapa yang lolos menjadi PNS Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu akan ditentukan oleh pusat dari beberapa hal dan akan diumumkan resmi melalui website.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Tata Riri
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *