Pulau Enggano Ditargetkan Menjadi Destinasi Wisata Maritim

Pertemuan yang digelar di ruang rapat Bappeda Bengkulu Utara terkait program target Pulau Enggano dijadikan Kawasan Wisata Maritim. (Foto : Firdaus/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkulu Utara Sahat Situmorang mengungkapkan, Pulau Enggano yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara ditargetkan akan dijadikan kawasan destinasi Wisata Maritim yang kelestarian lingkungannya akan tetap terjaga.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu. Sehingga ini bukan semata menjadi beban Kabupaten Bengkulu Utara.

“Pulau Enggano merupakan kawasan strategis wisata nasional. Pemkab Bengkulu Utara mengapresiasi semua langkah untuk mengembangkan Pulau Enggano menjadi Kawasan Wisata Maritim, baik dari pihak provinsi maupun pusat,” kata Sahat.

Pulau Enggano, lanjutnya, yang notabene termasuk pulau terluar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), untuk mengembangkannnya menjadi pulau wisata, sangat diperlukan dan mempertimbangkan berbagai aspek. Diantaranya, dalam hal pertahanan dan keamanan. Kemudian persoalan infrastruktur dasar dan transportasi, kesehatan dan pendidikan.

“Makanya Pemkab Bengkulu Utara sengaja menggandeng pihak kementerian agar keinginan pulau ini menjadi destinasi wisata dapat terwujud”, demikian Sahat.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Firdaus
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *