Cegah Penyalahgunaan, Polda Bengkulu Sosialisasi Pengawasan Bersama Pengelolaan DD

0
65
Sosialisasi Pencegahan Korupsi Dana Desa (Foto : Tata Riri/RedAksiBengkulu)
Sosialisasi Pencegahan Korupsi Dana Desa (Foto : Tata Riri/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu, BENGKULU – Kepolisian Daerah Bengkulu menggelar Sosialisasi Pengawasan Bersama Pengelolaan Anggaran Dana Desa Guna Mencegah Tindak Pidana Korupsi dan Rekrutmen Proaktif jajaran Polda Bengkulu, Rabu (25/10/2017) pagi di gedung STQ Kota Bengkulu.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Coki Manurung menekankan tranparansi penggunaan Dana Desa dengan membuat baliho/papan pengumuman demi kemajuan desa.

“Kepala desa dipilih oleh rakyat, maka rakyat berhak untuk mengawasi penggunaan Dana Desa tersebut dan penggunaan Dana Desa harus hati-hati. Saya tekankan pada trasparansi Dana Desa”, ujar Kapolda. 

Kapolda juga menambahkan, bahwa pengawasan Dana Desa bukan hanya diperuntukkan kepada aparat penegak hukum maupun kepolisian, tetapi seluruh pihak baik masyarakat, pemerintah maupun aparat penegak hukum.

“Membangun Bengkulu bukan hanya urusan satu instansi tetapi sinergitas antara seluruh elemen sehingga dapat membawa Bengkulu semakin maju. Kita harus cegah penyalahgunaan Dana Desa yang bisa memunculkan tindak pidana korupsi”, tambahnya. 

Hal yang sama juga dipaparkan Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Ia mengatakan, sebanyak 1.431 desa yang tersebar di Provinsi Bengkulu harus menggunakan Dana Desa dengan baik sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa.

“Di 2017 ini, anggaran Dana Desa Provinsi Bengkulu sekitar Rp 1,32 triliun untuk 1.431 desa di Bengkulu. Dan ini harus bisa digunakan untuk membangun desa semakin lebih maju. Sebagai kepala desa harus bisa mengorganisir Dana Desa dengan baik agar tidak memunculkan bibit tindak korupsi”, ujar Rohidin. 

Sebelumnya, Polri telah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi beserta Menteri Dalam Negeri yang berisi tentang Pencegahan dan Pengawasan Dana Desa. Dalam nota kesepahaman tersebut, diatur kerjasama terkait pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan Dana Desa.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Tata Riri
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.