Dua Tersangka OTT KPK Atas Kasus Dugaan Suap Jaksa ‘Nginap’ di Rutan Malabero Bengkulu

Kepala Rutan Malabero Bengkulu, Aldika Nasution. (Foto : ist)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Dua tersangka yang diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI atas kasus dugaan suap di The View Resto Pantai Panjang pada Jumat 9 Juni lalu, tersangka yakni Amin Anwari dan Murni Suhardi, dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Malabero Bengkulu oleh Jaksa KPK, Selasa (8/7/2017) sore.

Kedua tersangka tersebut, Amin Anwari merupakan pegawai Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII Provinsi Bengkulu. Sedangkan Murni Suhardi selaku kontraktor. Penitipan tahanan ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan tahap 2 dan proses pelimpahan ke Pengadilan Negeri oleh penyidik KPK.

Dikatakan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas II Malabero Bengkulu, Aldika Nasution, membenarkan penitipan 2 tersangka atas nama Murni dan Amin tersebut. Keduanya diantar langsung oleh Jaksa KPK sekitar 8 orang, sekitar pukul 16.00 WIB, Selasa (8/7/2017) sore kemarin, langsung dari Jakarta.

“Penitipan tahanan di Rutan ini lantaran proses sidang nantinya digelar di Bengkulu. Status kedua tersangka merupakan Tahanan Penyidik KPK”, katanya.

Terkait izin kunjungan terhadap kedua tahanan tersebut, lanjut Aldika, jika itu tahanan jaksa biasa izinnya di pihak kejaksaan. Namun, karena tidak ada instruksi khusus dari pihak KPK, maka akan diberikan izin seperti biasanya yang lain.

“Pihak keluarga bisa membesuk langsung tanpa izin dari pihak KPK. Tadi sudah ada pihak keluarga dari Pak Murni yang besuk”, kata Aldika.

 

Berita Terkait :

OTT KPK Dinihari Tadi, Pejabat Kejati Bengkulu Diamankan
Ini Dia 3 Orang Yang Tertangkap Pada OTT KPK

 

Terhadap kedua tahanan, sambungnya, pertama akan dimasukkan ke ruang Masa Pengenalan Lingkungan (Mapenaling) paling lama 1 bulan. Lalu, setelah masa Mapenaling selesai, baru dimasukkan di kamar tahanan.

“Dari pelimpahan hingga persidangan, keduanya akan ditahan di sini. Tidak ada perlakuan khusus untuk kedua tahanan KPK dan akan digabung bersama tahanan kasus korupsi lainnya”, pungkasnya.

Diketahui, kedua tersangka tertangkap pada OTT KPK terhadap oknum jaksa yang juga selaku Kasi III Intel Kejati Bengkulu, Parlin Purba yang diduga telah menerima suap. Dari OTT yang digelar KPK RI Jumat (9/6/2017) dini hari lalu itu, diketahui ada 3 orang yang diamankan. KPK juga berhasil barang bukti sejumlah uang dan dokumen.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Julio Rinaldi
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *