Hewan Unik dan Dilindungi Ini Diselamatkan Oleh Pemuda ….

0
64
Primata atau Kukang yang dilindungi, Kukang (Nycticebus Sp) diselamatkan oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kader Konservasi (FK3I) Koordinator Wilayah (Korwil) Rejang Lebong. (Foto : ist)
Primata atau Kukang yang dilindungi, Kukang (Nycticebus Sp) diselamatkan oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kader Konservasi (FK3I) Koordinator Wilayah (Korwil) Rejang Lebong. (Foto : ist)

RedAksiBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Seekor Primata yang dilindungi, Kukang (Nycticebus Sp) diselamatkan oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kader Konservasi (FK3I) Koordinator Wilayah (Korwil) Rejang Lebong. Primata itu diselamatkan dari warga Desa Air Duku Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Hewan tersebut merupakan hewan yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Anggota FK3I Tedy Riski kepada RedAksiBengkulu menuturkan, bahwa hewan tersebut diserahkan ke pihaknya Senin (8/1/2018) lalu dengan kondisi terluka parah pada bagian lengan sebelah kiri akibat bekas tembakan. Kukang termasuk hewan pemalu dan masih banyak dijumpai dalam kawasan hutan Rejang Lebong, statusnya termasuk kritis.

“Warga yang menyerahkan ke kami dan kondisinya terluka jadi kita beinisiatif untuk menyerahkan langsung ke Balai Konservasi di Curup. Kukang termasuk paling sering diburu untuk dijual dan dijadikan hewan peliharaan karena hewan ini termasuk unik”, kata Tedi Selasa (9/1/2018)

Sejak tahun 2017 hingga 2018, ada 2 ekor Kukang yang diserahkan ke BKSDA Seksi Konservasi Wilayah I di Rejang Lebong. Kedua hewan tersebut didapatkan di wilayah yang sama yaitu Kecamatan Selupu Rejang.

Sementara itu, Kanit Polhut Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bengkulu Ripi Wijaya menjelaskan, usia Kukang itu berkisar 8 tahun. Coraknya Kukang tersebut merupakan jenis Kukang Sumatera dengan nama latin Nycticebus Coucang yang masuk dalam daftar 294 satwa atau tumbuhan dilindungi.

Populasi Kukang di Kabupaten Rejang Lebong diprediksi masih banyak. Pun demikian keberadaanya harus terus dijaga agar tetap lestari. Kukang yang baru diserahkan pihaknya akan merawat terlebih dahulu. Setelah dinyatakan pulih, maka akan di rehabilitasi untuk dilepasliarkan.

 

 

Laporan : Muhamad Antoni

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.