VIsit Bengkulu 2020
Kawasan Kebun Teh Kabawetan Kepahiang Akan Dipercantik. Sayangnya ….

0
603
Kebun Teh Kabawetan Kepahiang - Bengkulu. (Foto : Aji Asmuni/RedAksiBengkulu)
Jalur pelintasan kawasan Kebun Teh Kabawetan Kepahiang – Bengkulu. (Foto : Aji Asmuni/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Kabupaten Kepahiang dikenal dengan Kebun Tehnya terbesar dan terluas se-Provinsi Bengkulu. Sayang, pengembangan destinasi wisata yang rencananya akan dibangun rest area di sepanjang lokasi Kebun Teh di Kecamatan Kabawetan itu sepertinya belum disupport penuh oleh pemerintah. Pasalnya, di 2018 kelak tidak ada kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan tersebut.

“Pengajuan kami sebesar Rp 4,2 Miliar untuk pengembangan di tahun depan tidak dianggarkan dari DAK. Sehingga anggaran yang digunakan tahun depan itu hanya bersumber dari APBD Kabupaten dan APBD Provinsi saja”, kata Kepada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepahiang, Su’urdi.

Terlepas dari hal itu, Su’urdi mengaku jika pihaknya merasa lega karena telah mengantongi surat persetujuan pelepasan sebagian tanah Hak Guna Usaha (HGU) seluas 28 hektar dari Bupati Kepahiang, Gubernur Bengkulu, PT Sarana Mandiri Mukti selaku pemilik lahan dan PT Kabepe Chakra selaku penanam saham sebesar 64,41 %. Sehingga kedepannya jika perencanaan pembangunan itu direalisasikan, pihaknya sudah mengantongi izin dan restu.

Lebih lanjut Su’urdi menjelaskan, pembangunan rest area dengan APBD Kepahiang anggaran yang disediakan mulanya sebesar Rp 12 miliar. Namun lantaran adanya defisit, dari total Rp 12 miliar itu dipangkas sebesar 30%

“Paling tidak pembangunan itu akan kami gunakan dana yang ada itu dulu. Dan tentunya pembangunan ini dilaksanakan secara bertahap”, demikian Su’urdi.

Adapun jenis sarana fisik yang akan dibangun di sepanjang kawasan Kebun Teh Kabawetan Kepahiang itu diantaranya, untuk di Desa Sido Makmur yakni pemberhentian wisatawan, gazebo, food court, penimbangan teh, toilet umum dan area parkir. Sedangkan di Desa Sidorejo akan dibangun venue mountain valley untuk festival (Visit Bengkulu 2020) tepatnya di dekat lapangan sepak bola.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Hendra Afriyanto

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.