Bupati Kepahiang Beri Tempo 2 OPD Teliti dan Cari Pembuang Limbah Medis Sembarangan

0
123
Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid  geram setelah mengetahui adanya limbah medis yang dibuang ke selokan /drainase jalan utama kawasan Pasar Kepahiang, tepatnya di Jalan Air Sempiang depan Pangkas Rambut, Minggu (11/3/2018). (Baca : Sedang Jogging, Warga Menemukan Sesuatu di Drainase Kawasan Pasar Kepahiang)

Menyikapi ini, bupati meminta agar pelaku yang membuang limbah medis yang diduga kuat mengandung  bahan berbahaya dan beracun (B3) itu ditindak sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kejadian ini sudah terjadi berulang kali. Ini harus ada tindakan represif dan perlu penegakan hukum”, tulis Hidayat melalui WhatsApp yang disampaikannya kepada RedAksiBengkulu.co.id, Senin (12/3/2018).

Hidayat juga menegaskan, instansi terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang segera meneliti sumber limbah medis tersebut  agar ada efek jera kepada pelaku atau pembuang sampah sembarangan itu.

“Tidak cukup imbauan saja. Saya minta DLH dan Dinkes meneliti dan dalam waktu dekat saya akan panggil kepala dinas untuk tindakan selanjutnya”, demikian bupati.

Jauh sebelumnya, limbah medis juga pernah ditemukan di dekat jembatan perbatasan Desa Cugung Lalang dengan Desa Air Hitam Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Selasa (9/1/2018) lalu. Atau tepatnya di pinggir jalan lintas tepatnya di dekat jembatan Sungai Musi. (Baca : Sedang Gotong Royong, Warga Temukan Sampah Medis Dekat Sungai Musi PLTA Ujan Mas)

Ketika itu warga dari  3 desa yakni Desa Tanjung Alam, Desa Air Hitam dan Desa Cugung Lalang Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, sedang bergotong royong memperbaiki jalan lintas desa mereka. Ketika sedang bekerja, warga menemukan sampah medis yang diduga berasal dari Puskesmas Cugung Lalang, berupa jarum suntik, botol obat dan bekas obat. Terlihat juga sampah kertas yang ada tulisan Puskesmas Cugung Lalang.

Sampah-sampah itu berserakan di pinggir jalan lintas tepatnya di dekat jembatan Sungai Musi. Yang mana sungai tersebut merupakan sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Musi Ujan Mas.

 

Laporan : Hendra Afiyanto

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.