Dua Kali Musim Petani Sawah di Desa Ini Gagal Tanam. Penyebabnya Karena Ada ….

0
255
Sawah di Kelurahan Ujan Mas yang tak bisa ditanami selama 2 kali musim tanam lantaran proyek irigasi tak selesai. (Foto Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Sawah di Kelurahan Ujan Mas yang tak bisa ditanami selama 2 kali musim tanam lantaran proyek irigasi tak selesai. (Foto Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Pengerjaan proyek jaringan irigasi di wilayah Air Pering menuju lahan persawahan Kelurahan Ujan Mas Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu dikeluhkan petani setempat.

Diungkapkan Nasroni, dalam satu tahun ini air di irigasi yang seharusnya mengaliri sawahnya tidak berfungsi. Sehingga wajar bila petani kebingungan mau ditanami apa, jika sawah itu terus kering seperti ini ?

“Waktu awal mau mengerjakan proyek irigasi, kata pelaksana proyek itu cuma sebentar atau sementara. Tapi nyatanya sudah 2 kali musim tanam dan panen ini tidak juga berair irigasinya. Ada 40 hektar sawah yang dilintasi saluran irigasi ini”, keluh Nasroni.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kepahiang Ismail melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Hendra, membenarkan adanya pengerjaan proyek tersebut. Terkait pengerjaan, PPTK proyek meminta perpanjangan waktu pengerjaan sehingga wajar bila terlambat dan menghambat petani.

“Proyek itu juga awalnya ditunda lantaran sawah waktu itu masih butuh air. Sekarang malah pelaksananya minta perpanjangan waktu”, demikian Hendra.

 

 

 

 

 

 

 

Laporan : Hendra Afriyanto
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.