Petani Inisiatif Gotong Royong Perbaiki JUT

0
97

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Ratusan warga Desa Pulo Geto Baru Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, berinisiatif gotong royong memperbaiki Jalan Usaha Tani (JUT), Minggu (15/4/2018). Koordinator Gotong Royong Amir Mahmud mengatakan, inisiatif ini diambil mengingat kondisi akses satu-satunya melintasi kebun warga sulit dilalui, terlebih jika hujan. Di samping itu, bulan ini mulai memasuki masa panen kopi.

“Kini sudah mulai masuk musim panen kopi. Kalau angkutan hasil panen dengan motor kami sangat sulit. Akhirnya kami musyawarah lalu dengan bergotong royong inilah pilihan kami”, ujar Amir, Kepala Dusun II.

Amir Mahmud juga menjelaskan, perbaikan jalan ini dengan material bebatuan ukuran 5/7 yang disumbangkan dari berbagai pihak dan dibantu juga babinsa desa dalam pengerjaannya.

“Ada 100 orang yang terlibat. Kami beli batu dari hasil sumbangan petani dan dari banyak pihak  lain. Sehingga batu yang dibeli sudah 16 truk untuk kebutuhan panjang jalan 110 meter”, lanjutnya.

Amir berterimakasih kepada pihak yang telah bantu menyumbang baik materil maupun immateril seperti tenaga.

Sementara itu, Kepala Desa Pulo Geto Baru, Mutadin yang juga hadir dalam gotong-royong berharap dukungan pemerintah untuk selanjutnya membantu pembangunan jalan usaha tani tersebut.

“Kami berharap perhatiannya. Gotong-royong ini setidaknya membuktikan kami kompak dan berharap pemerintah merespons untuk ditingkatkan jalannya. Sebab jalan ini berada diantara JUT yang dibangun Dinas Pertanian dan jalan TMMD yang dibangun tahun lalu”, demikian Mutadin.

 

Laporan : Hendra Afriyanto

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.