Kejati Bengkulu Akui Jalan Di Pulau Enggano Dikerjakan Asal Jadi  

0
109
Pulau Enggano (Foto : Net)

Laporan : Calon Jurnalis 3

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU –  Menanggapi pengusutan dugaan penyimpangan Proyek Pembangunan Jalan Hotmix di Pulau (Kecamatan) Enggano Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu Tahun Anggaran 2015 – 2016 dengan anggaran miliaran rupiah, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu akui jika proyek pembangunan tersebut dikerjakan asal jadi.

Sendjun Manulang, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu, melalui Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Henri Nainggolan, mengungkapkan, dari hasil gambar pengecekan lapangan oleh timnya dan ahli di Pulau Enggano, diketahui jalan tersebut banyak yang rusak.

“Perintah kajati, kami disuruh ke lapangan. Kami langsung bawa tim beserta ahlinya ke (Enggano) sana. Kami sudah lihat gambar jalannya. Hasilnya, jalan itu memang dikerjakan asal jadi,” kata Henri.

Henri menambahkan, setiap tahun di Pulau Enggano selalu ada anggaran untuk pembangunan jalan. Kenyataannya, tiap tahun juga jalan di (Enggano) sana rusak terus.

“Makanya kami membentuk tim dan sudah turun ke lapangan. Sekarang tinggal menunggu hasil investigasi dari tim ahli. Pekan depan mungkin bisa dilihat hasilnya”, tambah Henri, Jum’at (24/3/2017) di Kejati Bengkulu. 

Disinggung pihak-pihak terkait yang akan dipanggil dan diperiksa pada perkara ini, Henri menjawab, sudah dipanggil penyidik dan sudah dimulai sejak Senin (20/3/2017) lalu. Persoalan kerusakan jalan ini, lanjutnya, sudah bisa dipastikan bahwa pengerjaannya tidak sesuai dengan spek yang ditentukan. Sehingga sangat wajar jika ditemui banyak jalan yang rusak.

“Semoga dengan diusutnya perkara ini, ke depannya supaya pihak pelaksana pembangunan jalan di Enggano bisa lebih baik peng-hotmix-annya”, tutup Henri.

Di sisi lain, pihak yang sudah dipanggil dan diperiksa penyidik Kejati Bengkulu yakni Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Bengkulu, Syafuddin Firman. Untuk diketahui juga, bahwasannya setiap tahun Pemprov Bengkulu selalu menganggarkan pembangunan jalan di Pulau Enggano ini.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.