Jalan Lintas Provinsi dan Lintas Desa Sumber Bening Banyak Berlubang

0
92
Jalan lintas Curup - Lubuklinggau tepatnya di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang yang terlihat berlubang. [Foto : Febrika Herwani]

RedAksiBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Pemerintah daerah seharusnya lebih jeli dalam melaksanakan pembangunan di daerah. Baik itu daerah yang ada di tengah maupun di pinggiran kota. Khususnya di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, di desa ini banyak jalan rusak atau berlubang.

Dari 12 dusun yang ada di desa, kondisi jalan yang rusak parah ada di Dusun 3, 5 dan 8. Lubang jalan di desa itu lebar dan dalam. Bukan hanya kerusakan pada jalan lintas desa dan kecamatan, namun jalan lintas provinsi juga masih banyak yang berlubang.

Tentunya ini akan membahayakan pengendara yang melintasi jalan tersebut, terlebih bagi pengendara motor. Pemerintah sebaiknya segera memperbaiki kondisi jalan yang berlubang tersebut karena akan mengancam pengendara dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Hampir setiap tahun ada perbaikan jalan khususnya di Jalan Lintas Curup – Lubuklinggau, tapi setelah diperbaiki tidak awet. Jalan lintas penghubung Provinsi Bengkulu – Lubuklinggau Sumatera Selatan masih saja terus ada yang rusak dan berlubang. Karena jalan penghubung antar provinsi ini bukan saja dilalui oleh masyarakat setempat melainkan banyak juga dari masyarakat luar. Mengingat, ini juga terkait pandangan positif dan negatif dari pengendara khususnya pengendara dari luar Bengkulu.

Berita terkait ;
Di Kecamatan Ini Setiap Desa Akan Ada Kader Jurnalisnya

Di lain sisi, pemerintah daerah juga sedang giat-giatnya melakukan pembangunan jalan di pedesaan atau jalan menuju kawasan lahan pertanian. Ini tentunya sangat membantu masyarakat khususnya para petani. Hanya saja kondisi jalan yang sudah dibangun paling lama bertahan 4 – 5 tahun. Setelah itu jalanan kembali berlubang dan rusak.

Mengingat mayoritas penduduk di Kecamatan Selupu Rejang adalah petani sayuran, sehingga sayuran yang dipanen setiap hari oleh petani di kecamatan ini butuh sirkulasi yang cepat. Itu artinya, petani butuh akses jalan yang baik dan memadai.

Karena, jika kondisi jalan mulus dan baik, petani jadi lebih mudah melaksanakan rutinitasnya berladang dan melakukan perekonomian. Sebaliknya, jika kondisi jalan banyak yang rusak, banyak kendala dan halangan yang dihadapi akibat jalan rusak.

 

Penulis : Febrika Herwani
Kader Jurnalis Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.