Sosialisasi Keanekaragaman Hayati TNKS Kepada Siswa SPN Bukit Kaba

0
37
Sosialisasi TNKS kepada Siswa SPN Bukit Kaba (Foto: Dok. TNKS)

RedAksiBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) melalui Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Bengkulu –Sumatra Selatan menggelar sosialisasi kepada siswa STUKBA SPN Bukit Kaba, Jumat (22/9/2018) lalu.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang keberadaan kawasan Hutan TNKS yang berada di 4 provinsi kepada calon anggota Polri sebagai pihak yang turut mendukung dalam perlindungan kawasan TNKS dari ancaman illegal logging, perburuan serta perambahan.

Disampaikan Kepala BBTNKS Tamen Sitorus melalui Kepala Bidang PTN Wilayah III Iwin Kasiwan, sosialisasi ini merupakan tindaklanjut dari MoU antara BBTNKS dengan 4 kapolda, yaitu Polda Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan dan Sumatra Barat pada tahu 2017 lalu.

“Ini juga akan meningkatkan kerjasama antara pihak kepolisian dengan TNKS dalam mengenalkan kawasan TNKS juga berkaitan dengan keanekaragaman hayati di kawasan TNKS,” kata Iwin Kasiwan.

Sementara itu, Kepala Seksi BBTNKS Wilayah VI Muhammad Zainuddin mengatakan, sosialisasi tersebut menyentuh ke SPN Bukit Kaba karena wilayah SPN Bukit Kaba sebagaimana diketahui berbatasan langsung dengan kawasan TNKS.

Di sosialisasi akan mengenalkan jenis flora dan fauna yang ada di dalam kawasan TNKS”, kata Zainuddin, Sabtu (23/9/2018).

Ditambahkan dia, pada kegiatan tersebut, siswa SPN Bukit Kaba yang mengikuti sebanyak 135 orang  dan juga personil dari TNKS, SPN Bukit Kaba, BKSDA Wilayah Bengkulu-Lampung dan KPH Bukit Balai Rejang. Serta didukung juga oleh proyek SumatranTigers.

Pihaknya berharap kerjasama dengan pihak kepolisian dalam menjaga kawasan TNKS tidak terasa asing bagi siswa baru.

“Siswa baru anggota Polri ini selanjutnya akan menyebar di setiap resort di Provinsi Bengkulu. Kami berharap setelah ini akan disosialisasikan mengenai kawasan TNKS. In supaya ketika mereka bertugas nanti tidak merasa asing lagi dengan kawasan TNKS, apalagi dalam menangani kasus yang terjadi terhadap TNKS”, terangnya.

Secara administrasi, kawasan TNKS di Provinsi Bengkulu terletak di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Utara dan Muko-Muko. Iwin menilai, kerjasama antara pihak kepolisian dalam menangani kasus perdagangan satwa maupun perambahan hutan selama ini sudah terjalin baik. Sehingga dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan kemampuan untuk calon anggota Polri di wilayah Bengkulu nantinya.

“Mereka akan menjadi mitra kami untuk melakukan penangangan di kawasan hutan TNKS. Kami juga berharap nantinya setiap angkatan untuk terus diberikan materi kehutanan secara umum dan juga tentang Taman Nasional”, tutupnya.

 

Laporan : Muhamad Antoni

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.