4 Tahun Desa di Ujung Batas Kepahiang-Rejang Lebong Tak Ada Bidan

0
48
Ilustrasi Bidan Desa. [Foto ; Net]

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Sudah 4 tahun ini, Desa Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu tidak memiliki bidan desa (bides). Ini diungkapkan kepala desa setempat, Supian Aidi, di Kantor Inspektorat Kabupaten Kepahiang, Jumat (6/4/2018).

“Masyarakat sering mengeluh ketika ada yang melahirkan. Kami mohon ini menjadi perhatian serius pemerintah”, kata Supian.

Lanjutnya, selama ini jika ada warganya yang ingin bersalin, terpaksa harus ke Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong.

“Sejak tak ada bidan, terpaksa warga kami bersalin ke kabupaten tetangga. Karena jarak tempuhnya lebih dekat yakni sekitar 3 km dibanding kalau kami harus ke Kepahiang”, lanjutnya.

Kades Warung Pojok, Supian Aidi. [Foto : ist]
Diceritakannya juga, sekitar setahun lalu pernah ada warganya yang ingin melahirkan. Namun ketika ingin menuju ke Puskesmas Sindang Dataran, di tengah perjalanan bayinya sudah keburu lahir duluan.

“Itu akibat dari tidak ada bidan di desa kami. Seandainya waktu itu ada bidan, mungkin bayi itu akan melahirkan di tempat semestinya”, kenang Supian.

Sudah sejak dulu pula kades terus berupaya mengajukan bidan desa termasuk usulannya yang diajukan ke Puskesmas Batu Bandung. Namun menurut pihak puskesmas setempat, bahwa bidan untuk ditugaskan ke desanya itu sudah ada, sayangnya rekomendasi dari pihak kabupaten sampai kini tidak ada.

 

Laporan : Hendra Afriyanto

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here