Berikut Kronologi Napi Teroris Tiba di Lapas Argamakmur Bengkulu Utara

Nara Pidana Teroris (Napiter) atas nama Befri Rahmawan Nurcahyono yang telah tiba di Lapas Klas IIB Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Yang bersangkutan sedang difoto dan diperiksa kesehatannya oleh petugas . (Foto : ist)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Nara Pidana Teroris (Napiter) atas nama Befri Rahmawan Nurcahyono (sebelumnya tertulis Nur Cahyo), akhirnya tiba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, ba’da Jum’atan atau sekitar pukul 13.30 WIB, Jumat (15/9/2017).

Berikut kronologi perjalanan napiter dari informasi yang terangkum RedAksiBengkulu.co.id.  Napiter Befri Rahmawan Nurcahyono ini sebelumnya berasal dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Jakarta Pusat Cabang Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Jakarta. Pagi itu ia dikawal ketat dan diberangkatkan menuju Lapas Klas II B Argamakmur.

Rombongan napiter beserta tim pengawal dari Jakarta menggunakan pesawat Lion Air JT 636 dan mendarat di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu pada pukul 10.00 WIB dengan pengawalan dari Tim Densus 88 Anti Teror, petugas Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan dan petugas dari Kejaksaan RI.

Dari Bandara Fatmawati Soekarno kemudian langsung menuju Lapas Klas IIB Argamakmur Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu dengan mengendarai 2 unit kendaraan dari Kejati Bengkulu dengan Nopol kendaraan B 1278 KKY dan BD 1820 JR.

Sesampainya di Lapas Klas IIB Argamakmur, napiter dilakukan penggeledahan ulang. Mulai dari penggeledahan di seluruh tubuh napi, hingga seluruh barang-barang perlengkapan yang berada di dalam tasnya diperiksa secara teliti satu persatu. Alhasil, tidak ada barang-barang yang mencurigakan.

Sebelum dimasukan ke ruang sel, Napiter itu juga dilakukan cek kesehatannya terlebih dahulu oleh petugas medis Lapas. Seteleh diketahui napiter tersebut dalam kondisi sehat, barulah dimasukan ke ruang sel seperti yang sebelumnya telah disampaikan Kepala Lapas Klas IIB Argamakmur, Edi Wahyu Nugroho, yakni di ruang sel di Blok L.  (Baca : Nara Pidana Teroris Dipindahkan di 2 Lapas di Provinsi Bengkulu)

Pemindahan Napiter ini berdasarkan Surat Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS7.UM.01.01.98 tanggal 23 Agustus 2017 tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Kegiatan Pemindahan Terpidana Tindak Pidana Terorisme di Lembaga Pemasyarakatan seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, Napiter Befri Rahmawan Nurcahyono ditangkap oleh Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di Surbaya Jawa Timur terkait menyiapkan bahan peledak dan sebagai eksekutor penyerangan pada Juni 2016 lalu.

Oleh majelis hakim, Befri Rahmawan Nurcahyono divonis 4 tahun penjara dan dijebloskan penjara di Rutan Klas I Jakarta Pusat Cabang Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Jakarta.

Berikut foto-foto ketika kedatangan Napiter

Sekujur tubuh napiter disweeping. (Foto : ist)
Seluruh barang-barang napiter yang berada di tas digeledah secara detail. (Foto : ist)
Seluruh barang-barang napiter yang berada di tas digeledah secara detail. (Foto : ist)
Pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis lapas (Foto : ist)
Posisi napiter ketika berada di ruang sel. (Foto : ist)

 

Laporan : Firdaus
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *