Hari Kedua Pencarian Korban Tenggelam di Air Terjun Batu Betiang Masih Nihil, Besok Tim Akan Nyelam Lagi

0
170
Penyelam dari warga setempat terus melakukan pencarian terhadap jasad korban, Novis (13), yang tenggelam pada Minggu (11/3/2018). [Foto : Muhamad Antoni]

Penyelam dari warga setempat terus melakukan pencarian terhadap jasad korban, Novis (13), yang tenggelam pada Minggu (11/3/2018). [Foto : Muhamad Antoni]
RedAksiBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Masuk hari kedua, Selasa (13/3/2018), pencarian korban tenggelam, Novis (13), warga Desa Bangun Jaya Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong, tim gabungan belum juga menuai hasil.

Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Bengkulu, Abdul Malik mengungkapkan, pencarian hari kedua ini Tim SAR dibagi menjadi dua tim. Tim I menyisir aliran sungai air terjun sejauh 5 kilometer di bagian hulu. Sedang Tim 2 menyisir bagian hilir sejauh 5 kilometer juga.

“Dua tim sudah bergerak sejak pagi. Fokus kami menyisir aliran sungai karena ada dugaan korban sudah hanyut. Tapi hingga sore, laporan dari kedua komandan tim hasilnya masih nihil”, kata Abdul Malik, Selasa (13/3/2018) di lokasi pencarian di kawasan Air Terjun Batu Betiang yang terletak di kawasan lindung Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong,  Bengkulu.

Ditambahkan dia, kendala yang dihadapi hari ini masih sama dengan hari kemarin, yakni kontur pegunungan dan aliran sungai sangat deras. Sehingga pencarian berlangsung lama.

“Kontur Rejang Lebong ini kan perbukitan. Aliran sungainya juga deras, sehingga pencarian benar-benar memakan waktu”, lanjutnya.

Sementara itu, terkait rencana operasi, pihaknya sudah menetapkan masa pencarian selama 7 hari terhitung sejak laporan diterima pihak mereka. Hal ini bedasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

“Tim tetap konsisten hingga 4 hari ke depan untuk melakukan pencarian. Kecuali ada kondisi-kondisi yang tidak memungkinkan di lapangan”, tambahnya.

Untuk pencarian hari ketiga, Rabu (14/3/2018), pihaknya akan melakukan penyelaman kembali di lokasi tenggelamnya korban.

“Dari evaluasi hari ini, rencananya besok akan penyelaman kembali”, demikian Abdul Malik.

Pantauan RedAksiBengkulu.co.id di lokasi tenggelamnya, selain tim gabungan, ada sekitar 20 warga setempat yang membantu melakukan pencarian. Di sisi lain, lokasi tersebut juga menjadi ramai dan diperkirakan ada 300 lebih warga yang berdatangan ke lokasi yang menjadi salah satu objek wisata alam andalan Kabupaten Rejang Lebong tersebut.

 

Laporan : Muhamad Antoni

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.