Jumlah DPT di Rejang Lebong Berkurang

0
46
Pleno Penetapan DPTHP di KPU Rejang Lebong [Foto : Muhamad Antoni/RedAksiBengkulu]

RedAksiBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Daftar Jumlah Pemilih di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu ternyata berkurang. Data tersebut disampaikan pada Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) di KPU Rejang Lebong, Kamis (13/9/2018).

Data DPTHP yang ditetapkan yaitu sebesar 199.213 pemilih, terdaftar di 805 TPS di 15 kecamatan. Diketahui , penetapan DPT sebelumnya pada 28 Agustus 2018 lalu tercatat 199.638 pemilih. Data DPTHP tersebut berkurang 425 pemilih.

Grafik data DPTHP penetapan pada 28 Agustus 2018. (Sumber : KPU Rejang Lebong)

Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong, Restu S Wibowo mengatakan, berkurangnya jumlah DPT ini dikarenakan adanya pemilih ganda berdasarkan NIK atau KK dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) lainnya. Yang mana pemilih yang sebelumnya sudah dinyatakan TMS ternyata masih masuk dalam DPT.

“Berdasarkan verifikasi dan faktual kawan-kawan di bawah, ternyata ada pemilih yang memang harus dihapus. Itu berdasarkan hasil cermatan Bawaslu dan KPU Rejang Lebong”, kata Restu kepada RedAksiBengkulu.co.id.

Ditambahkan dia, Penetapan DPTHP ini merupakan yang ketiga kalinya setelah ditetapkan dalam Pleno Terbuka pada 21 Agustus 2018 lalu. Sehingga diharapkan jumlahnya tidak lagi mengalami perubahan.

Sebelumnya pihak Bawaslu RI menyebutkan, jumlah DPT ganda di Rejang Lebong ini ada 349. Namun setelah dilakukan pencermatan secara bersama-sama, kami temukan sebanyak 425 jiwa dan hari ini sudah dihapus”, ujarnya.

Grafik data DPTHP penetapan pada 13 September . (Sumber data KPU Rejang Lebong)

Berdasarkan data KPU Rejang Lebong, diketahui jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 199.213 jiwa. Terdiri dari Pemilih laki-laki sebanyak 100.160 orang dan Pemilih perempuan sebanyak 99.053 orang.

 

Laporan : Muhamad Antoni

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.