Lintas Komunitas Bengkulu Galang Dana Untuk Korban Ro Hing Ya. Rp 28 Juta Lebih Terkumpul

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam sambutannya pada puncak acara Bengkulu Peduli Ro Hing Ya. (Foto : Dokumentasi Panitia)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Tragedi berdarah atau konflik etnis yang dialami warga Ro Hing Ya – Myanmar, saat ini menjadi sorotan publik dunia. Banyak foto dan video kekejaman dan aksi pembunuhan massal yang dialami oleh penduduk Ro Hing Ya yang beredar di media massa dan media sosial membuat publik serta warga net (netizen) mengutuk militer dan pimpinan Myanmar.

Terlepas dari itu, warga Bengkulu yang ‘menyaksikan’ visual-visual berdarah itu pun terpanggil untuk melakukan aksi peduli terhadap warga Ro Hing Ya. Sekelompok massa yang tergabung dalam Lintas Komunitas Bengkulu pun sepakat menggelar aksi penggalangan dana untuk korban Ro Hing Ya yang selamat yang kini masih bertahan hidup menyelamatkan diri menuju tempat-tempat pengungsian.

Undangan dan antusias warga Bengkulu. (Foto : Dokumentasi Panitia)

Koordinator aksi ‘Bengkulu Peduli Ro Hing Ya’ Feri Van Dalis mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan oleh banyak organisasi/komunitas yang ada di Bengkulu. Rangkaian kegiatan yang dimulai sejak Minggu (3/9/2017) hingga puncak acara yang digelar di Bencoolen Mall, Senin (4/9/2017) yakni, konser amal, apresiasi seni, buka lapak, penggalangan dana, lelang lukisan dan musik akustik.

“Dari seluruh rangkaian kegiatan itu intinya kami menggalang dana. Alhamdulillaah, semua dana yang terkumpul berjumlah Rp 28.212.100.  Uang itu langsung didonasikan ke korban Ro Hing Ya melalui PKPU Bengkulu”, kata Feri pada puncak acara yang digelar di Bencoolen Mall  yang dihadiri Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Antusiasme warga Bengkulu. (Foto : Dokumentasi Panitia)

Adapun Lintas Komunitas Bengkulu yang menggelar aksi solidaritas kemanusiaan ini diantaranya, mahasiswa dari Univesitas Bengkulu (Unib), IAIN Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Univesitas Hazairin (Unihaz), Universitas Dehasen (Unived). Lalu sejumlah komunitas seniman di Kota Bengkulu yakni, Teater Jengkal Bengkulu, Nasyid Salsabila Rafflesia (Senior), Modern Etnic Traditional JE Esamble, One Piece Community, Komunitas Ambin Bengkulu, Komunitas SaYaK, Penggiat Seni Bengkulu, Asosiasi Nasyid Nusantara Wilayah Bengkulu, Antero Band, T.O.B.S, Kedai Proses, dan lainnya.

Lalu ada juga komunitas Kangen Amazing Team Bengkulu, FSLDK Bengkulu, Bang Juan, YRFI, POSSI Bengkulu, KAMMI Bengkulu, Komunitas Ayo Menulis Bengkulu (KAMB), Blogger Bengkulu (BoBe), HMI Cabang Bengkulu, FPPB, Percetakan FAJAR Bengkulu, MSC, PKPU Cabang Bengkulu, Areal Drone Bengkulu, Ikatan Bujang Gadis Provinsi Bengkulu, Mapala GEMPA IAIN Bengkulu, dan lainnya.

“Terimakasih atas dukungan dan simpatiknya dari Plt Gubernur Bengkulu, Bapak Rohidin Mersyah, tokoh masyarakat Pak Dani Hamdani, Irwandi Putra dari pihak Bencoolen Mall, seluruh komunitas serta semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini”, demikian papar Feri.

 

 

 

 

 

 

Laporan : Aji Asmuni

Comments

comments

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *