Pameran Lukisan Tunggal Karya Yuni Daud di Bengkulu
Maeva Salma : Perupa Bengkulu Perupa Terbanyak Dibandingkan Provinsi Lain

0
299
Pameran Lukisan Tunggal Karya Pelukis Perempuan Bengkulu, Yuni Daud di Bombaru Bengkulu. (Foto : Panitia)
Pelukis Perempuan asal Bengkulu, Yuni Daud, sedang bersantai di depan lukisannya. (Foto : Panitia)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Lintas Komunitas Seni (LKS) Bengkulu menggelar Pameran Lukisan Tunggal yang digelar mulai Jum’at 22 Desember 2017 sampai dengan Minggu 31 Desember 2017 mendatang. Lukisan karya Perupa asal Bengkulu Yuni Darlena atau yang lebih dikenal dengan Yuni Daud ini digelar di Bombaru Resto & Cafe di kawasan Tapak Paderi Kota Bengkulu.

Yang menarik dari pameran yang berjudul “Berkembanglah Puan” ini adalah, pertama kalinya untuk di Provinsi Bengkulu Pameran Lukisan Tunggal dari Perupa Perempuan. Pameran ini mengusung tema ‘menjadikan seni sebagai media tumbuh kembangnya perempuan Bengkulu’.

“Alhamdulillaah, pameran dibuka langsung oleh Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah”, kata panitia, Dhika Putra.

Pada kesempatan itu, tersebut Plt Gubernur Bengkulu dalam sambutannya ia mengapresiasi dan mengaku baru mengetahui jika selama ini ternyata ada seorang perempuan warga Bengkulu yang memiliki bakat lukis yang luar biasa bahkan hingga eksis di kancah nasional.

“Sangat luar biasa sekali menyaksikan pameran ini. Ternyata orang Bengkulu punya bakat seni dan kemampuan lukis yang luar biasa. Ini di luar dugaan saya selama ini yang tidak saya ketahui. Lukisannya pun sangat bagus”, kata Plt Gubernur Bengkulu.

Senada diungkapkan Kepala Museum ‘Basoeki Abdoellah’ Jakarta, Maeva Salma. Bahwa Perupa Bengkulu merupakan Perupa terbanyak dibandingkan dengan provinsi-provinsi lain.

“Karya Perupa Bengkulu tidak kalah saing dengan provinsi lain di Sumatera. Tapi karya Perupa Bengkulu masih kurang tereksplor. Untuk itu, bangkitlah Perupa Bengkulu”, harapnya.

Lanjut Maeva, Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah harus merespon kegiatan-kegiatan kesenian di Bengkulu. Sama halnya dikatakan Plt Gubernur Bengkulu dalam sambutannya, bahwa pada 2018 kelak akan direnovasi Taman Budaya Bengkulu.

“Ini artinya masa depan Seniman Bengkulu lebih leluasa berkarnya dengan fasilitas yang layak”, terangnya”.

Ketua Panitia Pamaren “Berkembanglah Puan” Sesario Wideslanida mengucapkan terimkasih kepada semua pihak yang telah mendukung pameran tunggal karya Perempuan Bengkulu.

“Alhamdulillaah malam tadi, satu karya berhasil dilelang dengan seharga Rp 5 juta dengan pemenang lelang Plt Gubernur Bengkulu. Kemudian palk gubernur juga membeli 1 karya seharga Rp 6,5 juta”, kata Sesario.

Beberapa karya lainnya seharga Rp 5 juta, sambung Sesario, terjual dan dibeli oleh Ghotri. Kemudian 2 karya lainnya, yakni dengan seharga Rp 3 juta dan 2 juta dibeli Heru.

“Hasil lelang sebesar Rp 5 juta akan diserahkan ke panti jompo”, tutup Sesario.(RILIS)

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.