Festival Bukit Kaba 2018
November, Pendakian Bukit Kaba Untuk Umum Ditutup Sementara

0
117
Bukit Kaba [Foto : seword]

RedAksiBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Sehubungan dengan akan digelarnya Festival Bukit Kaba November 2018, pendakian untuk umum akan ditutup sementara waktu. Penutupan pendakian untuk umum ini mulai 15 – 18 November 2018. Pengumuman penutupan pendakian untuk umum ini tertuang dalam lembaran Pengumuman yang dirilis secara resmi oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, dengan Nomor PG. 1758/K.10/TU/PPN/2018 tertanggal 25 Oktober 2018. Pengumuman resmi ini ditandatangani oleh Plt Kepala Balai, Dr. Suharno, S.Sos, M.Si.

Lembaran Pengumuman resmi yang dirilis BKSDA Bengkulu terkait Informasi Penutupan Pendakian Umum di Bukit Kaba yang sudah beredar di medsos beberapa hari ini. [Foto : Facebook]
Kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan pada 17 November 2018, Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba yang terletak di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Ada beragam perlombaan. Diantaranya Lomba Lintas Alam (LLA), Lomba Fotografi dan Pemilihan Duta Bukit Kaba.

Ketua Pelaksana, Sigit Pribadi, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dan juga kecintaan serta peduli masyarakat Bengkulu untuk ikut menjaga Bukit Kaba sebagai kawasan koservasi.

“Selain itu sebagai ajang mempromosikan wisata Bukit Kaba serta meningkatkan penghasilan negara dari sektor pariwisata,” kata Sigit kepada RedAksiBengkulu.co.id.

Selaku pengelola TWA Bukit Kaba, kata Sigit, pihaknya sudah mempersiapkan fasilitas shelter dan MCK (mandi cuci kakus) di areal camping ground Pos Pendakian Bukit Kaba atau di lokasi akan digelar kegiatan akbar tersebut. Tak lupa dibangun pusat informasi Bukit Kaba.

“Di puncak bukit juga saat ini sudah terpasang giant teks”, ujarnya.

Rangkaian kegiatan Festival Bukit Kaba 2018. [Foto/Gambar : Panitia/googledrive]
Dia melanjutkan, selain lomba yang disebutkan, kegiatan ini nantinya akan digelar pergelaran budaya yang akan ditampilkan oleh pelajar dari sekolah di Rejang Lebong serta masyarakat Desa Sumber Urip.

“Pergelaran budaya akan ditampilkan pada saat Pemilihan Duta Bukit Kaba. Nanti ada sesi-sesi pergelaran budaya yang akan ditampilkan ketika juri melakukan penilaian kepada sepuluh finalis Duta Bukit Kaba”, tambahnya.

Untuk pemilihan Duta Bukit Kaba ini pendaftaran sudah dibuka mulai 22 – 28 Oktober 2018 dengan kategori pendaftar dari mahasiswa/mahasiswi atau bisa juga dari masyarakat umum. Syarat pendaftaran dan ketentuannya bisa dilihat disini.

Sepuluh finalis perempuan dan finalis laki-laki akan diumumkan 1 November 2018. Selaanjutnya para finalis akan dikarantina serta diberi pengetahuan mengenai kawasan Bukit Kaba pada 13 – 15 November di BKSDA Bengkulu. Kata Sigit lagi, sistem penilaian Duta Bukit Kaba dilakukan oleh para juri. Dewan juri itu kelak akan melontarkan pertanyaan kepada para finalis.

“Duta Bukit Kaba ini diharapkan sebagai ‘penyambung lidah’ BKSDA dalam mempromosikan dan mengkampanyekan pentingnya kawasan Bukit Kaba bagi masyarakat”, papar Sigit.

Sementara itu, untuk Lomba Fotografi pendaftarannya dimulai 10 – 31 Oktober 2018. Pendaftaran bisa dilakukan secara online (link) Sedangkan untuk Lomba Lintas Alam (LLA), pendaftarannya dimulai 10 – 18 November. Pendaftaran LLA bisa langsung di kantor BKSDA Provinsi Bengkulu atau bisa juga ke Kantor Seksi Konservasi Wilayah I di Curup – Rejang Lebong.

“Seluruh pendaftaran gratis. Kuota LLA hanya untuk 25 tim”, demikian Sigit.

 

Laporan : Muhamad Antoni

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.