Peran Adik Ipar Gubernur Bengkulu Ricco Maddari Terungkap Di Persidangan

0
69
JPU KPK dalam persidangan Kasus Mantan Gubernur Non Aktif Ridwan Mukti (Foto : Julio Rinaldi/RedAksiBengkulu)
Adik Ipar Gubernur Bengkulu, Rico Maddari (kaos hijau) ketika digiring Penyidik Kejati Bengkulu. (Foto : ist)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU – Terungkap didalam dakwaan yang dibacakan Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK RI, Selasa (5/8/2017), bahwa Rico Kadafi alias Rico Maddari yang merupakan adik ipar Mantan Gubernur Bengkulu non aktif, Ridwan Mukti, berperan sebagai koordinator perusahaan yang menjadi calon pemenang lelang di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu.

Dikatakan tim JPU dalam dakwaan, bahwa dengan pelaksanaa lelang paket pekerjaan pada Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, termasuk yang telah dimenangkan oleh perusahaan terdakwa Jhoni Wijaya yakni PT Statika Mitrasarana, jauh sebelum lelang yakni sekitar awal September 2016. Ketika itu Kuntadi menemui Ridwan Mukti di rumah pribadinya di Jalan Hibrida 15 Nomor 59 Bengkulu terkait rencana pengangkatan dirinya menjadi Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu.

“Ridwan Mukti meminta Kuntadi agar terkait proyek-proyek yang ada di Dinas PUPR nantinya dikoordinasikan dengan Rico Maddari”, kata Tim JPU KPK, di Pengadilan Tipikor Bengkulu.

Selain itu, dalam kesempatan yang berbeda, Lily Martiani Maddari juga menyampaikan hal yang sama kepada Kuntadi, saat Lily mendampingi Ridwan Mukti di Bandara Fatmawati Bengkulu.

“Atas permintaan Ridwan Mukti dan Lily Martiani Maddari, sekitar Maret 2017, Kuntadi bertemu dengan Rico Maddari di Restoran Plaza Senayan Jakarta”, bebernya.

Dalam pertemuan itu, Rico Maddari menunjukkan daftar paket kegiatan di Dinas PUPR Tahun Anggaran (TA) 2017 beserta nama-nama perusahaan sebagai calon pemenang yang telah dikoordinir oleh Rico Maddari dan meminta Kuntadi untuk mengkondisikan pelelangan agar memenangkan perusahaan-perusahaan tersebut.

Kemudian, atas permintaan itu Kuntadi keberatan dan menyampaikan bahwa penentuan pemenang lelang sesuai dengan hasil proses pelelangan yang diusulkan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP).

 

 

 

 

 

 

Laporan : Julio Rinaldi
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.