Press "Enter" to skip to content

Senin Depan, Sidang Tuntutan Lima Tersangka Dispora Bengkulu Utara

Kasi Pidsus Kejari Argamakmur, Dodi Junaidi, SH (Foto : Firdaus/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Jika tak ada halangan, agenda pembacaan tuntutan oleh JPU Kejari Argamakmur terhadap tersangka kasus dugaan korupsi di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bengkulu Utara (nomenklatur lama), yang merugikan negara mencapai Rp 220 juta lebih, diagendakan Senin (19/6/2017).

Ini disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Argamakmur Fatkhuri melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Dodi Junaidi.

“Kelima tersangka itu akan dibacakan tuntutan oleh JPU. Sejauh ini, tuntutan akan bervariasi setiap individu terdakwa”, kata Dodi di ruang kerjanya, Selasa (13/6/2017).

Dijelaskan Dodi, sidang kelima terdakwa itu sudah dilaksanakan beberapa kali sidang. Namun hingga sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan tuntutan yang akan dibacakan pada sidang mendatang. Hanya saja ia menegaskan, akan ada pertimbangan khusus karena adanya pengembalian kerugian oleh para terdakwa.

Yang mana, lanjutnya, dari kerugian negara total Rp 220 juta, telah terkumpul Rp 190 juta dari para terdakwa. Itu artinya menyisakan Rp 30 juta lagi kerugian negara yang belum dikembalikan.

“Pada pembacaan tuntutan nanti tentunya JPU akan mempertimbangkan tuntutan. Dan para terdakwa selama menjalani kasus ini sudah bersikap kooperatif dan bertangungjawab,” tutupnya.

Untuk diketahui, kelima tersangka itu adalah, Nazarudin (Kepala Dispora Bengkulu Utara), Tarson Juri (PPTK), Putra Wagino (Kabid di Dispora BU), Susilawati (PPHP/Pejabat/Panitia Penerima Hasil Pekerjaan) dan Erwandi (mantan Ketua Umum KONI Bengkulu Utara).

Kasus ini terungkap ketika dana Program Pembinaan dan Permasyarakatan Olahraga Tahun 2015 yakni, Pembinaan Cabang Olahraga Prestasi Tingkat Daerah dengan pagu anggaran lebih dari Rp 500 juta, diduga dikorupsi. Selain itu dana pada kegiatan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga dengan pagu anggaran lebih kurang Rp 400-an juta.

Lalu kegiatan Analisa Pasar untuk Promosi dan Pemasaran Pariwisata Bengkulu Utara pagu anggarannya sekitar Rp 90-an juta. Sedang Program Peningkatan Peran Serta Kepemudaan, dalam kegiatan Pelatihan dan Pelaksanaan Paskibraka dengan pagu anggaran Rp 350-an juta.

 

Baca Juga :

Pemkab Bengkulu Utara Siapkan Pengacara Untuk Tersangka Kasus Korupsi di Dispora

 

 

 

 

 

 

Laporan : Firdaus
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

Facebooktwittermail

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *