Setahun Puskesmas Pembantu Suka Merindu Putri Hijau ‘Mati Suri’

0
84
Kondisi Pustu Desa Sukamerindu Kecamatan Puti Hijau, Bengkulu sejak 1 tahun tak difungsikan. (Foto : Firdaus/RedAksiBengkulu)

Laporan : Firdaus

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Suka Merindu, Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, menurut informasinya sejak lama sudah tidak ditunggu oleh bidan yang ditugaskan di sana. Tentu saja hal itu berdampak pada pelayanan kesehatan masyarakat setempat terlebih warga yang ingin berobat atau menjalani persalinan.

Diungkapkan warga setempat Dahrul Efendi, pustu itu sudah sejak 1 tahun belakangan ‘mati suri’ dan bidan yang bertugas di sana tidak pernah ada. Selama itu pula warga yang ingin berobat terpaksa ke puskesmas induk. Namun letak puskesmas induk itu sangat jauh. Ditambah lagi buruknya infrastruktur jalan merupakan salah satu penyebab warga enggan berobat di puskesmas induk.

“Kasihan selama ini ibu-ibu yang ingin melahirkan harus menempuh perjalanan jauh untuk menuju puskesmas induk”, terangnya.

Dahrul melanjutkan, bangunan pustu sejak tak dihuni sangat tidak terawat. Sampah berserakan termasuk juga kotoran ternak warga setempat. Dahrul dan warga lainnya berharap pustu itu diaktifkan kembali.

“Cobalah Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Utara datang ke sini. Lihat kondisi sebenarnya. Pemerintah harus tegas menyikapi kondisi ini”, demikian harap Dahrul. 

Sementara itu, kepada RedAksiBengkulu.co.id, M. Ikhsan, Kepala Dinkes Bengkulu Utara ketika dikonfirmasi mengaku belum menerima laporan soal pustu yang tak terawat tersebut. Ditanya apa yang dilakukan pihaknya setelah mengetahui informasi itu, Ikhsan masih enggan berkomentar.

“Nanti kami panggil dulu kepala puskesmas (Putri Hijau) dulu, apa benar seperti itu? Terus kami cari tahu dulu apa kendalanya”, kata Ikhsan singkat.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.