Tengah Malam Di Kaki Bukit Kaba, Mahupala Unib Lakukan Seremoni Tak Lazim….

Laporan : Julio Rinaldi

Anggota aktif dan Anggota Luar Biasa (ALB) Mahupala Universitas Bengkulu. (Foto : Dok. Mahupala)

RedAksiBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mahupala resmi dilaunching, Minggu (30/4/2017) dinihari atau sekitar pukul 02.00 WIB di kaki Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

LBH Mahupala yang diinisiasi oleh Anggota Luar Biasa (ALB) Mahasiswa Hukum Pecinta Alam (Mahupala) Fakultas Hukum (FH) Universitas Bengkulu (Unib) ini dibentuk bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Mahupala. Kegiatan ini mengambil tema ‘Mahupala, Action, Social, Art, Conservation, and Nature’.

Inisiator LBH MAHUPALA diantaranya yaitu Agustam Rahman, Usin Abdisyah Putra Sembiring, Firnandes Maurisya, Rully Sumanda, Syaiful Anwar, Irvan Yudha Oktora, dan Arie Elca Putera. Dalam kesempatan ini juga telah terpilih sebagai Ketua LBH yakni Syaiful Anwar.

“Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 WIB, kami dari Mahupala Unib telah menginisiasi terbentuknya organisasi sayap yang kami beri nama LBH Mahupala,” kata Syaiful.

Fokus LBH Mahupala ini, lanjut Syaiful, lebih kepada pemberian bantuan hukum terhadap masyarakat-masyarakat yang kurang mampu yang tidak memiliki akses untuk memperoleh pendampingan dari seorang pengacara. Selain itu, arah perjuangan dari LBH Mahupala ini lebih difokuskan kepada soal-soal penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

“LBH Mahupala tidak akan mendampingi atau membela terhadap pengrusak-pengrusak lingkungan. Jadi, kami fokus bantuan hukum terhadap masyarakat kecil yang tidak memiliki dana”, tegas Syaiful.

Masih menurut Syaiful, untuk keanggotaan yang tergabung di LBH Mahupala adalah orang-orang yang dulunya berasal dari mahasiswa hukum pecinta alam Unib.

“Atas dasar rasa keterpanggilan kita yang sudah selesai masa perkulihan di Fakultas Hukum Unib sehingga LBH Mahupala ini terbentuk. Harapannya dengan adanya LBH Mahupala  ini, kita dapat berpartisipasi dalam upaya penegakan hukum di Provinsi Bengkulu,” tutup Syaiful.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Mahupala Unib, Firmansyah Putra. Dikatakannya, ia menyambut baik pembentukan dan launching LBH Mahupala ini guna pemberdayaan sumber daya anggota yang telah menyelesaikan kuliahnya.

“Saya menyambut baik terbentuknya LBH Mahupala yang diinisiasi oleh Anggota Luar Biasa ini. Berharap nantinya LBH Mahupala mampu menunjang kawan-kawan anggota yang telah selesai masa studinya,” demikian Firman.

Comments

comments

Facebooktwittermail

2 tanggapan untuk “Tengah Malam Di Kaki Bukit Kaba, Mahupala Unib Lakukan Seremoni Tak Lazim….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *