Berdayakan Skill Masyarakat Pada BUMDes, Desa Ini Unggulkan Kerajinan Tangan

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Sejahtera” Desa Simpang Kota Bingin Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang resmi didirikan, Rabu (20/12/2017). (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Sejahtera” Desa Simpang Kota Bingin Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang resmi didirikan, Rabu (20/12/2017). Pada seremoni ini, Kepala Desa Simpang Kota Bingin Rudia Iskandar berpesan, agar BUMDes yang telah diresmikan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya dan mampu memberi lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat khususnya bagi pengangguran.

“BUMDes Sejahtera unit usahanya pengelolaan kerajinan tangan. Semoga bermanfaat bagi masyaakat dan bisa memberi lahan pekerjaan atau kesibukan masyarakat terkhusus tamatan SMA yang tidak melanjutkan kuliah”, kata Iskandar.

Sementara itu, Direktur BUMDes Sejahtera Andriani mengungkapkan, alasan dipilihnya unit usaha pengelolaan kerajinan tangan mengingat potensi sumber daya manusia (SDM) desa tersebut banyak yang memiliki keahlian dan keterampilan. Sehingga dengan adanya penyertaan modal dari desa yang dituangkan dalam BUMDes menjadi kesempatan untuk memanfaatkan sebaik-baiknya potensi itu.

“Warga kami memang banyak yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan kerajinan. Saya kira ini potensi desa kami yang luar biasa dan memang harus dimanfaatkan sebaik -baiknya melalui BUMDes ini”, ujar Andriani.

Lebih lanjut dituturkannya, dengan adanya BUMDes ini, diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang menganggur khususnya bagi lulusan SMA yang tidak melanjutkan kuliah.

Launching BUMDes itu dihadiri perwakilan Camat Merigi, Dinsos PMD Kepahiang, Babinsa, Babinkamtibmas dan tenaga ahli. Pada struktur BUMDes tersebut, selaku direktur Andriani didampingi Defri Hermansyah dan Yeni Syafitri selaku sekretaris dan bendahara.

 

Berikut Foto-foto kegiatannya ;

Sambutan Kepala Desa Simpang Kota Bingin, Rudia Iskandar. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Para undangan dan masyarakat yang hadir. ((Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Hasil kerajinan masyarakat yang menjadi produk unggulan BUMDes Sejahtera. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Selain mengunggulkan kerajinan, BUMDes ini juga membuka usaha loket pembayaran. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)

Comments

comments

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *