DPKAD Bengkulu Utara Resmi Tutup Pelatihan Simda Versi 2.7.0.9

0
55
Foto bersama, Kepala DPKAD Bengkulu Utara, Kisro Zanito bersama Kepala BPKP Provinsi Bengkulu Bram Brahmana dan Plt Sekda Bengkulu Utara, Haryadi. (Foto : Dokumen)

Laporan : Firdaus

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Usai digelarnya Pelatihan Sistem Informasi Keuangan Daerah (Simda) Akrual Versi 2.7.0.9, Dinas Pengelolaan Aset Daerah (DPKAD) Bengkulu Utara berharap tidak ada lagi laporan keuangan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Bengkulu Utara (BU) yang asal-asalan. Pelatihan Simda yang digelar selama 4 hari itu pun ditutup secara resmi oleh Kepala DPKAD Bengkulu Utara H. Kisro Zanito, Kamis (8/12/2016) sore.

Kisro Zanito mengatakan, tahun depan target prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diharapkan dapat diraih Pemerintah Daerah Bengkulu Utara.

“Selama ini memang laporan keuangan dari seluruh SKPD masih banyak kekurangan,” ujar Kisro.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 64 tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah (Pemda), kata Kisro, merupakan dasar aturan dari kegiatan ini.

Ada tujuh komponen yang terdapat dalam satu set laporan keuangan berbasis aktual tersebut. Diantaranya, laporan pelaksanaan anggaran dan laporan finansial yang terdiri dari laporan realisasi anggaran dan laporan perubahan saldo anggaran lebih. Selanjutnya laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca , laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Sedangkan harapan Plt Sekda Bengkulu Utara Haryadi dari kegiatan itu, semoga peserta memahami dan mengerti sekaligus melaksanakan dengan cermat aplikasi Simda versi terbaru. Sehingga ke depannya, Pemda Bengkulu Utara bisa meraih prestasi WTP.

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.