Tim Penilai Desa Tingkat Provinsi Bengkulu “Terhanyut” di Desa Pulo Geto Baru

Wakil Bupati Kepahiang Netty Herawati beserta rombongan Tim Penilai dari DPMD Provinsi Bengkulu. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Senin (10/7/2017), Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Bengkulu berserta rombongan saat meninjau Desa Pulo Geto Baru Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Tim penilai mengaku jika kekompakan seluruh elemen masyarakat Desa Pulo Geto Baru benar-benar terbukti.

Ini diutarakan Kepala Bidang Pemberdayaan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Bengkulu yang juga selaku Ketua Tim Monitor Lomba Desa, Elfrelo. Menurutnya, informasi yang diterima mengenai kekompakan Desa Pulo Geto Baru dari seluruh elemen masyarakat desa yang bekerja mengurusi warga benar-benar bukan isapan jempol dan terbukti saat peninjauan ke masyarakat langsung dan terbukti.

“Saya terhanyut saat baru datang langsung disambut secara adat di desa ini. Mulai dari perangkat adat, perangkat desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), BPD dan seluruh elemen masyarakat, memang terbukti bersinergi dalam menjalani roda pemerintahan desa”, kata Elfrelo kepada RedAksiBengkulu.co.id  di sela penilaiannya.

Disinggung soal kemungkinan Desa Pulo Geto baru yang bakal mewakili mengikuti lomba desa tingkat nasional, Elfrelo mengaku optimis dan memiliki peluang besar. Sebab salah satu indikator penilaian desa adalah BUMDes. Bahkan saat ini BUMDes Desa Pulo Geto Baru sudah mulai memasuki tahapan untuk pengembangan. Diantaranya membuka kerjasama ke luar daerah yaitu sebagai penyuplai Jeruk Nipis.

“Keaktifan dan produktivitas BUMDes adalah salah satu indikator penilaian kami. Kami ketahui Desa Pulo Geto Baru ini adalah desa yang pertama dalam pembentukan BUMDes. Makanya penting untuk dilakukan penilaian”, timpal Elfrelo.

Sementara itu, Wakil Bupati Kepahiang Netty Herawati mengaku optimis jika Desa Pulo Geto Baru bisa menjuarai Lomba Desa tersebut. Dan yang terpentingnya lagi, sambung Netty, kekompakan desa merupakan ujung tombak kabupaten dalam kemajuan suatu daerah.

“Kami sudah lihat secara jelas tadi laporan BUMDesnya. Kekompakan desa ini memang terbukti dan tidak dibuat-buat. Karena sebagaimana desa adalah ujung tombak kemajuan suatu daerah (Kabupaten). Kami sangat berharap terus pertahankan kekompakan di desa ini”, kata Netty.

 

Berikut Foto-foto kegiatan ;

Tarian adat saat menyambut tamu (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Wakil Bupati Kepahiang Netty Herawati beserta rombongan disambut secara adat (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
TP PKK Desa. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Pemeriksaan administrasi oleh Tim Penilai (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)

 

Laporan : Hendra Afriyanto
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *