Kunjungi Pengrajin, Plt Gubernur Bengkulu Harapkan Pemkab Seriusi Industri Kerajinan Lokal

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah ketika mengunjungi pengrajin lokal di Kepahiang. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)

RedAksiBengkulu.co.id, KEPAHIANG – Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama istri menyempatkan diri mengunjungi rumah produksi anyaman dari bambu di Desa Kandang Kecamatan Seberang Musi. Dalam kunjungan tersebut Plt Gubernur disambut oleh sejumlah pejabat Kepahiang.

Yakni, Wakil Bupati Kepahiang Netty Herawati, Sekda Kepahiang Zamzami Zubir,  Asisten 2 Setdakab Kepahiang, Eli Nurul, Kepala Dinas Perindustrian & Tenaga Kerja (Disperinaker) Kepahiang Aidil  Fitri Syafiudin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang Sudarno Kusumo, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kepahiang.

Pada kesempatan itu Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, jika Kepahiang memiliki potensi kekayaan kerajinan tangan yang harus dibina dan dikembangkan, khususnya bagi pemudanya. Rohidin juga lebih menekankan agar potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki oleh setiap daerah agar tidak kehabisan bahan baku.

“Di Kepahiang ini, tinjau dulu potensi yang ada untuk bahan baku kerajinan. Mengingat produk kerajinan ada 2 kriteria, yakni memiliki artistik dan terjangkau nilainya. Dinas Perindag Provinsi juga harus jeli mencari ahli untuk melatih para perajin agar menghasilkan produk yang lebih menarik dan memfasiltasi kabupaten untuk pelatihannya”, kata Rohidin kepada RedAksiBengkulu.co.id Sabtu ( 29/7/2017).

Selanjutnya, Pemkab Kepahiang juga harus lebih agresif dan serius dalam hal pengembangan kerajinan lokal. Misalnya, dari sisi anggaran, jika melihat potensi kerajinan lokal, Pemkab Kepahiang harus segera membina para perajin tersebut.

“Maksudnya, Pemkab Kepahiang menganggarkan kebutuhan kerajinan lokal, nanti biar Perindag  Provinsi Bengkulu juga membantu. Contoh, dari Disperindag Provinsi bisa membantu alat maupun tenaga ahli untuk membina para perajin agar menghasilkan produk yang lebih baik dan berkualitas”, paparnya.

Rohidin juga menambahkan, kehadiran Dekranasda selain sebagai wadah, juga harus merangkul dan membina pengrajin lokal.  Mulai dari pembinaan ketersediaan bahan baku yang ada di daerah sampai dengan menciptakan produk yang berkualitas.

“Khususnya untuk wilayah Kepahiang ini, kerajinan Bambu dan Eceng Gondok,  Dekranasda harus bisa jadi wadah yang mengayomi pengrajin lokal”, sambung Rohidin.

Plt Gubernur ini juga berharap ke depannya kerajinan lokal tersebut dibina dan diprogramkan oleh Pemkab Kepahiang.

“Kalau memang instansi terkait sudah berkunjung ke pengrajin, harusnya tindaklanjutnya diprogram di 2018 nanti. Jangan nanti setelah kunjungan, kondisinya tidak ada perubahan bagi pengrajin. Harapan saya, 2 tahun kemudian hasilnya sudah berbeda dari sebelumnya”, demikian harap Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kepahiang Aidil Fitri Syafiudin mengaku senang atas dukungan moril dan spirituil dari Pemprov Bengkulu dalam hal ini kunjungan langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu. Perhatian pemprov tentunya menjadi pemicu semangat bagi instansinya untuk memperjuangkan pengrajin lokal.

“Pernyataan dari pak (Plt) gubenur itu membuat kami serasa dapat ‘darah segar’. Memang sejauh ini kami sudah memantau dan terjun langsung ke lokasi pengrajin yang ada di Kepahiang. Kami harap Pemkab Kepahiang bisa menindaklanjuti instruksi Plt Gubernur terkait dukungan anggaran untuk pengrajin lokal di Kepahiang ini”, tutur Aidil.

Di sisi lain, dalam kunjungan tersebut Plt Gubernur Bengkulu menyempatkan diri melihat hasil karya pengrajin lokal Kepahiang, seperti kursi dari bahan baku Eceng Gondok yang dibuat oleh warga Kecamatan Merigi, kain bordir yang dibuat oleh warga Desa Tebat Monok. Rombongan itu juga menyempatkan diri memberikan bantuan kepada Komunitas Pemuda Sukses Seberang Musi (Kompass).

Berikut foto-foto kegiatan ;

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Wabup Kepahiang, Netty Herawati. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah didampingi Sekda Kepahiang, Zamzami Zubir. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Kadisperinaker Kepahiang, Aidil Fitri Syafiudin (kanan). (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)
Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah ketika mengunjungi pengrajin lokal di Kepahiang. (Foto : Hendra Afriyanto/RedAksiBengkulu)

 

 

 

 

 

 

Laporan : Hendra Afriyanto
Editor : Aji Asmuni

Comments

comments

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *