Sosialisasi Lelang Melalui Internet dan Simulasi e-Auction

0
81
Sekda Bengkulu Utara Haryadi (tengah), membuka sosialisasi didampingi Kepala KPKNL Bengkulu Tredi Hadiansyah (kiri), dan Kepala BPKAD Bengkulu Utara Kisro Zanito (kanan)
Para peserta sosialisasi yang hadir, menyimak jalannya Simulasi e-Auction.

RedAksiBengkulu.co.id, BENGKULU UTARA – Bertempat di Ruang Pola Setdakab Bengkulu Utara (BU), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu bekerjasama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Utara, Kamis (18/1/2018) menggelar Sosialisasi Lelang Internet dan dan Simulasi e-Auction.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekda Kabupaten Bengkulu Utara, Haryadi didampingi Kepala KPKNL Bengkulu, Tredi Hadiansyah dan Kepala BPKAD Bengkulu Utara, H Kisro Zanito ini dihadiri seluruh elemen, yakni masyarakat umum, kejaksaan, kepolisian dan lainnya..

Haryadi mengatakan, sistem lelang secara internet ini untuk menjawab tantangan jika selama ini proses lelang dilakukan secara manual. Namun sekarang sistem lelang aset daerah dilakukan melalui internet. Dengan sistem ini setidaknya menghindari kemungkinan terjadi kecurangan-kecurangan. Karena proses lelang melalui internet ini dilakukan secara terbuka dan lebih transparansi.

Kepala KPKNL Bengkulu Tredi Hadiansyah memaparkan, lelang secara internet ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 90/PMK.06/2016. Latar belakang digelarnya lelang secara internet ini, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa lelang serta bentuk modernisasi lelang dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi berupa internet.

Sementara itu, Kepala BPKAD, Kisro Zanito menjelaskan, sosialisasi e-Auction ini menjadi bukti nyata, keseriusan Pemkab Bengkulu Utara dalam memperbaiki reputasi dan anggapan negatif publik terhadap lelang yang terkesan bisa diatur dan ‘disetel’ oleh para pihak yang mengambil keuntungan dengan cara yang salah.

“Kami ingin memperbaiki citra buruk yang kesannya sampai kini sudah jadi pola pikir di tengah-tengah masyarakat. Bahwa lelang ini tidak ada campur tangan dalam hal proses lelang kendaraan dinas yang akan dilaksanakan Pemkab Bengkulu Utara nantinya”, tutup Kisro.

 

Berikut foto-foto kegiatan ;

Kepala Seksi Pelelangan KPKNL Bengkulu, Endang Kurniawati memberi penjelasan tentang e-Auction
Staf Lelang KPKNL Bengkulu, Devi Aprianti turut memberikan pemaparan tentang Simulasi e-Auction

Para peserta sosialisasi yang hadir sedang menyimak jalannya Simulasi e-Auction

 

 

Laporan : Firdaus

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.