December 3, 2022

Asus tampaknya siap untuk masuk ke pasar komputasi portabel, juga dikenal sebagai laptop. Mereka kembali menunjukkan diri dengan menghadirkan produk terbarunya, laptop terbaru dari seri ZenBook.

Produk ini adalah ZenBook 14X dan dikenal sebagai laptop yang cukup ringan dan ramah kantong.

Produk baru ini akan menambah teknologi terbaru, yakni layar OLED. Ukuran yang dipilih juga tetap sama, yakni 14 inci yang menjadi standar untuk komputer jinjing.

ZenBook 14X tersedia dengan layar 4K OLED HDR atau layar 2.8K OLED 90Hz. Dilihat dari resolusinya, produk baru dari Asus ini kemungkinan akan menjadi yang terbaik dalam hal kualitas gambar dibandingkan dengan ZenBook 13 OLED, model OLED ultra-portabel pertama yang dirilis ASUS awal tahun ini.
Baca Juga: 7 Aplikasi Keren Dari PlayStore untuk Android Tidak Tersedia di App Store iOS

Cakupan ruang warna DCI-P3 dan rentang respons 0.2ms akan 100 persen pada ZenBook 14X ini. Bahkan ASUS mengklaim produk barunya hanya memancarkan cahaya biru 70 persen lebih sedikit daripada LCD biasa.

Selain layar, kesejukan produk baru ini juga terlihat dari tampilan fisiknya yang hanya berbobot 3,09 pon dan tebal 0,67 inci. Sangat tipis, sangat ringan dan nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Bagaimana dengan spesifikasinya? Jangan remehkan “dapur” Asus terbaru. Perangkat dapat dikonfigurasi dengan prosesor Intel generasi ke-11 hingga Core i7.

Penyimpanan juga dapat berkisar dari 16GB hingga 1TB. Ada juga opsi konektivitas, termasuk Thunderbolt 4, HDMI 2.0, USB 3.2 Gen 2 Type-A, dan pembaca microSD, juga dikenal sebagai pembaca microSD.
Baca Juga: Penelitian Menemukan Kecanduan Perangkat Berarti Dia Kesepian

Menurut The Verge, Jumat (9/3/2021) daya tahan baterai menjadi prioritas laptop dengan resolusi layar tinggi dan tampilan tipis. Selain itu, daya tahan baterai juga menjadi sorotan.

Melihat generasi sebelumnya, ZenBook 13 OLED, baterai yang disematkan mampu bertahan lebih dari 11 jam. Lalu bagaimana dengan ZenBook 14x ini?

Belum ada evaluasi penuh tentang masa pakai baterai. Namun, harganya sudah diketahui dan akan mulai dari US$1.399 atau sekitar Rp20 juta.

Harga ini jauh lebih mahal dari ZenBook 13 OLED yang hanya mulai dari $799.

Asus juga menyiapkan ZenBook 14X versi lain, yakni ZenBook 14 Flip OLED. Apa bedanya? ZenBook 14 Flip OLED dan 14X ternyata sama, hanya lebih serbaguna.
Baca Juga: Cara Memulihkan Jaringan WiFi yang Lambat

Keduanya memiliki resolusi layar yang mumpuni dan dapat didukung dengan stylus dengan rating tekanan sentuh sekitar 4096.

Seri ZenBook terbaru Asus diharapkan menjadi notebook OLED 14 inci pertama yang memasuki pasar dalam beberapa bulan ke depan. Sebagai? Tertarik untuk memilikinya?

Sumber :