Budaya Indonesia – Pengertian, Unsur, Faktor, Sejarah, Manfaat

Budaya Indonesia – Pengertian, Unsur, Faktor, Sejarah, Manfaat – Menafsirkan sejarah budaya peristiwa masa lalu tentang orang-orang melalui masalah politik, budaya, dan sosial, atau tentang seni. Jacob Burckhardt adalah orang yang membuat sejarah dalam budaya disiplin.

Memahami Budaya

Sebelum kita memahami budaya Indonesia, kita harus terlebih dahulu memahami makna budaya itu sendiri, kata dalam budaya Indonesia berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Buddha, yang merupakan bentuk jamak dari agama Buddha, yang berarti pikiran atau alasan.

Dengan demikian budaya didefinisikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan alasan dan alasan. Kata budaya dalam bahasa Inggris diterjemahkan dari istilah budaya. Dalam bahasa Belanda disebut cultuur. Kedua bahasa diambil dari warna Latin, yang berarti pengolahan, fabrikasi, budidaya dan pengembangan bumi. Dengan demikian budaya atau budaya diartikan sebagai semua aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam. ada orang-orang yang berpendapat bahwa kata budaya kultivasi menyiratkan kekuatan pikiran, yang berupa kreativitas, tujuan, dan rasa.

Budaya Indonesia

Budaya adalah gaya hidup yang komprehensif. kebudayaannya kompleks, abstrak dan luas. Banyak aspek budaya menentukan perilaku komunikatif.

Elemen sosial budaya ini tersebar luas dan melibatkan banyak kegiatan sosial manusia. Dengan demikian, budaya memberikan kerangka kerja yang koheren untuk mengatur kegiatan seseorang dan memungkinkan mereka untuk memprediksi perilaku orang lain.

Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yang menyiratkan pikiran atau alasan. Budaya adalah hasil dari kreativitas, cita rasa dan tujuan manusia. Budaya terkait erat dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski menyarankan bahwa segala sesuatu yang dikandung masyarakat ditentukan oleh budaya yang dimiliki masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pemikiran ini adalah sebutan budaya.

Budaya oleh para ahli

Herskovits

mereka melihat budaya sebagai sesuatu yang telah berpindah dari satu generasi ke generasi lain, yang sekarang disebut superorganik.

Andreas Eppink

budaya mengandung semua gagasan tentang nilai-nilai sosial, norma-norma sosial, sains dan sosial umum, agama, dll., di samping semua deklarasi intelektual dan artistik yang menjadi ciri masyarakat.

Edward Burnett Tylor

budaya adalah set kompleks di mana pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang dikandung oleh seseorang sebagai anggota masyarakat terkandung.

Studi Budaya

Studi budaya adalah disiplin akademis di antara para ilmuwan ilmiah. Penelitian ini menggabungkan ekonomi politik, geografi, sosiologi, teori sosial, teori sastra, teori film, antropologi budaya, filsafat dan sejarah seni untuk mempelajari fenomena budaya di berbagai komunitas.

Studi budaya peneliti sering berfokus pada meneliti bagaimana fenomena tertentu berhubungan dengan isu-isu ideologi, kebangsaan, etnis, kelas sosial dan gender. Istilah ini diciptakan oleh Richard Hoggart pada tahun 1964 ketika ia mendirikan Pusat Studi Budaya Kontemporer Birmingham.

Sejarah Budaya Indonesia

Sejarah Budaya Indonesia sedang dibahas pada setiap tahap perkembangan. Wilayah Indonesia memiliki banyak pulau dan selat yang memiliki sejarah pengembangan budaya yang tidak seragam.

  • Perbedaan (periode waktu) di luar intervensi budaya dari daerah budaya lokal.
  • Perbedaan intensitas budaya asing datang ke daerah masing-masing.

Lihat Juga :

Comments are closed.