Cara Menanam Pohon Lidah Buaya

Lidah buaya atau dengan nama latinnya “Aloe Vera” memiliki banyak keunggulan yang dapat digunakan sebagai obat alternatif melawan bisul, penyembuhan luka, luka bakar, herpes (dompo), ketombe, dll. Aloe Vera adalah tanaman Afrika yang juga dapat digunakan sebagai bahan dalam Nata de Coco. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa banyak pengusaha sudah mulai menanam lidah buaya sebagai bahan bisnis.

Tanaman lidah buaya adalah tanaman berduri yang berasal dari benua Afrika. Meskipun tanaman ini berduri, ia juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan, baik di dalam maupun di luar tubuh, seperti perawatan kulit atau rambut. Selain itu, menurut lahan.co.id tanaman lidah buaya ini juga dapat digunakan sebagai tanaman hias yang dapat digunakan untuk teras rumah atau bahkan di ruang tamu.

Pohon Lidah Buaya

Pohon Lidah Buaya

Berikut adalah cara menanam pohon lidah buaya

1. Memilih Daun Lidah Buaya

Langkah pertama yang perlu dilakukan seseorang untuk menanam lidah buaya dengan daun lidah buaya adalah memilih daun lidah buaya. Perhatikan daun lidah buaya segar dan panjang minimal 8 cm. Ini karena daun lidah buaya yang panjangnya lebih dari 8 cm adalah daun yang sudah matang.

2. Memotong Daun Lidah Buaya

Ketika Anda telah menemukan daun lidah buaya yang tepat, potonglah daun itu dengan pisau yang bersih dan tajam. Penggunaan pisau bersih dikatakan untuk mencegah infeksi daun lidah buaya. Potong daun di alas dengan sudut yang mengarah ke batang.

3. Letakkan Daun Di Tempat Yang Hangat

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan untuk menanam lidah buaya dengan daun lidah buaya adalah menempatkan potongan daun lidah buaya di tempat yang hangat. Kemudian tunggu hingga muncul lapisan tipis pada potongan daun. Harap dicatat bahwa prosesnya akan memakan waktu berhari-hari hingga sekitar 2 minggu.

Perlu diingat bahwa lapisan tipis berfungsi untuk mencegah infeksi daun jika bersentuhan langsung dengan tanah. Jika daun terinfeksi, daun membusuk dan tidak bisa bertahan hidup.

4. Menyiapkan pot

Cara menanam lidah buaya dengan daun lidah buaya, lalu siapkan pot yang sudah berlubang di bagian bawah. Lubang di pot bertindak sebagai lubang pembuangan yang tidak digunakan oleh tanaman. Ingat bahwa lidah buaya sangat menyukai air, tetapi air yang tidak mandek.

Jika pot tidak berlubang, bagian bawah pot selalu lembab. Ini nantinya akan menyebabkan akar lidah buaya membusuk dan tanaman lidah buaya tidak akan bertahan hidup. Jadi buat beberapa lubang di bagian bawah pot.

5. Mengisi Pot Dengan Tanah Yang Khusus Untuk Menanam Kaktus

Ketika Anda sudah menyiapkan pot, isi dengan tanah khusus untuk menanam kaktus. Selanjutnya, basahi lantai dengan sedikit air. Jika Anda tidak memiliki tanah khusus untuk menanam kaktus, buatlah tanah kaktus sendiri dengan mencampur bagian dasar pot dengan bagian pasir.

Saat mengisi bagian bawah pot, lebih baik mengisi bagian bawah pot di depan kerikil. Tujuannya agar pembuangan air lebih mudah. Saat menanam lidah buaya, pH harus bervariasi antara 6 dan 8. Jika pH tanah tidak cukup tinggi, dolomit dapat ditambahkan. Mungkin sebagian besar orang belum pernah mendengar dolomit, dolomit adalah kapur pertanian yang ditemukan di toko-toko pertanian.

6. Tancapkanlah Bagian Daun Yang Terpotong Ke Dalam Tanah

Saat menyerang daun lidah buaya, pastikan bahwa bagian ketiga daun lidah buaya tertutup tanah. Sebelum Anda menanam lidah buaya di atasnya, Anda harus mencelupkan daun lidah buaya ke dalam hormon pertumbuhan akar. Jika Anda tidak memiliki hormon, Anda juga bisa menggunakan madu atau bubuk kayu manis.

Sekian artikel tentang Cara Menanam Pohon Lidah Buaya semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Comments are closed.