Cara menggunakan kulit buah dan sayur untuk kecantikan

Tunggu, tunggu sebentar! Jangan membuang sisa kulit buah Anda ketika Anda mencobanya sore ini. Kulit buah dan sayuran kaya akan nutrisi dan vitamin dan umumnya masih memiliki banyak manfaat di dalamnya, yang memalukan jika Anda melewatkannya. Terus baca sisanya.

Cara menggunakan kulit buah dan sayur untuk kecantikan

1. Kulit alpukat untuk pelembab alami
Kulit alpukat dapat digunakan sebagai pelembab dan rambut alami untuk wajah, berkat tingginya kandungan asam lemak sehat. Jika Anda baru saja menggunakan alpukat dalam resep Anda hari ini, sisihkan kulit Anda.

Sebelum tidur, gosok bagian dalam kulit alpukat – yang masih (sedikit) berdaging – di seluruh wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Kandungan alpukat antioksidan dan asam amino tidak hanya melembabkan kulit, tetapi juga bertindak pada garis-garis halus, kerutan dan tanda-tanda penuaan kulit lainnya.

Lakukan dengan cara yang sama untuk memberikan kelembaban yang diperlukan untuk rambut kering dan pecah-pecah.

2. Kulit pisang dan kulit jeruk untuk memutihkan gigi
Gosok bagian dalam kulit pisang 1 menit setiap hari selama seminggu pada gigi. Hasil? Gigi putih cerah tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Selain kulit pisang, penderita gigi kuning kusam dapat menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi masalah ini. Ada dua cara sederhana yang bisa Anda pilih. Pertama-tama, gunting kulit jeruk memanjang dan menutupi gigi dengan bagian dalam kulit menghadap gigi. Sikat gigi Anda seperti biasa setelah mengendap selama beberapa menit untuk menghindari kerusakan pada enamel gigi yang disebabkan oleh asam.

Atau Anda bisa menggiling kulit jeruk dalam food processor / blender sampai menjadi pasta. Oleskan pasta kulit jeruk pada gigi dan sikat secara merata, seperti menyikat gigi seperti biasa. Gigi akan memutih dan noda akan naik. Untuk hasil terbaik, lakukan trik ini secara teratur; 1 menit setiap hari selama seminggu.

Asam yang terkandung dalam kulit jeruk akan membantu meringankan permukaan gigi.

3. Kulit pisang untuk scrub wajah
Menggunakan kulit pisang, taburkan gula (opsional) di bagian dalam kulit dan gunakan sebagai pengelupas ringan. Gosok dengan lembut ke seluruh wajah dan bilas sampai bersih.

Kulit pisang memiliki sifat melembabkan dan juga mengurangi gatal dan jerawat merah. Riasan alami ini akan menyembuhkan psoriasis dengan cepat dan Anda akan melihat hasil nyata dalam waktu singkat.

4. Kulit jeruk untuk lulur
Dalam mangkuk atau wadah, tambahkan gula dan parut kulit jeruk langsung ke dalam wadah. Tuang madu untuk exfoliant kulit. Kemudian tambahkan minyak kelapa dan aduk rata.

Kulit jeruk adalah sumber vitamin dan mineral. Jeruk mengandung vitamin C dan A yang sangat bermanfaat bagi kulit. Vitamin C bertindak sebagai pemutih kulit alami – meningkatkan warna kulit dan meningkatkan cahaya alami kulit. Vitamin A membantu mengurangi keriput dan kulit kasar. Kulit jeruk juga menyembuhkan komedo, sel-sel mati, jerawat, mengecilkan pori-pori, noda, lingkaran hitam, kulit kering dan mencerahkan wajah. Lulur kulit jeruk juga bisa dicampur dengan susu atau yogurt untuk kilau kulit yang lebih besar atau untuk menghilangkan tanda kecokelatan pada kulit.

5. Kulit jeruk untuk menyegarkan toner
Gosok bagian dalam kulit jeruk, lemon atau jeruk bali langsung pada wajah (hindari area mata) dan bilas sampai bersih dengan air hangat. Jika Anda keluar setelah mengoleskan toner jeruk, jangan lupa oleskan tabir surya dan pelembab untuk melindungi kulit Anda.

Untuk versi botolan yang bisa Anda bawa kemana saja, cukup potong kulit jeruk dan segenggam daun mint. Lalu taruh di wadah. Rebus air sampai mendidih dan tuangkan ke dalam wadah yang berisi kulit jeruk cincang dan daun mint. Biarkan dingin, lalu tutup wadah dengan baik. Biarkan semalaman, kocoklah dari waktu ke waktu. Keesokan harinya, filter toner do-it-yourself dan tambahkan 1 sendok makan Witch Hazel, aduk rata. Masukkan toner cair ke dalam botol semprot. Siap digunakan kapan saja.

Asam alami dalam jeruk membantu mengaburkan bakteri penyebab jerawat dan juga bekerja sebagai agen pemutihan alami untuk mengurangi munculnya bekas luka. Daun mint menenangkan kulit yang teriritasi atau kering dan gatal karena sifat anti-inflamasinya, serta menyegarkan kulit.

6. Kulit kentang untuk menekan kantong mata
Selain digunakan sebagai sumber makanan, kentang juga memainkan peran penting dalam perawatan kulit. Kentang dianggap sebagai agen kecantikan anti-penuaan yang efektif, khususnya untuk memerangi keriput, bintik-bintik hitam dan lingkaran hitam di bawah mata Anda – semua berkat kandungan vitamin C-nya.

Dengan menggunakan sisa kulit kentang, letakkan sisi dalam kulit langsung di bawah mata selama sekitar sepuluh menit. Jadikan rutin dan Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada lingkaran hitam!

Atau, gosokkan campuran mentimun dan kulit kentang di wajah, terutama di sekitar mata. Ketimun mengandung asam askorbat dan asam caffeic sementara kentang memiliki pati cair dan katekolase. Kedua bahan aktif ini bekerja dengan baik untuk mencerahkan warna kulit dan merawat mata bengkak.

7. Kulit pisang untuk menutupi bekas luka dan benjolan gigitan nyamuk
Oleskan kulit pisang setiap hari ke kulit untuk mengurangi tampilan bekas luka.

Gosokkan lapisan kulit pisang dengan perlahan ke depan dan belakang terhadap bekas luka untuk memungkinkan kulit di sekitarnya mengambil vitamin dan nutrisi dari kulit. Biarkan kelembaban kulit pisang mengering di kulit bekas luka Anda. Basahi kain katun di bawah wastafel dengan air hangat. Menghilangkan sisa-sisa kulit pisang yang mungkin masih menempel di kulit.

Gunakan metode yang sama untuk menghilangkan gatal dan sakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Baca juga :

In Kesehatan  

Comments are closed.