Contoh hewan vetebrata animalia kingdom

Contoh hewan vertebrata dibagi menjadi lima kelas yang telah mengalami pengembangan sistem tubuh termasuk sistem saraf, sistem pencernaan dan pernapasan. Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang punggung. Hewan vertebrata memiliki lima kelas. Berikut adalah lima kelas mulai dari morfologi dan fisiologi sederhana.

Ikan / Pisces
amfibi
reptil
Aves / Burung
mamalia

Banyak perkembangan lebih maju daripada hewan filum invertebrata lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik hewan vertebrata.

Contoh hewan vetebrata animalia kingdom

Perkembangan otak pada hewan vertebrata akan dilindungi oleh tengkorak atau tulang yang mengeras.
Pada hewan vertebrata, suhu tubuh cenderung mampu beradaptasi dengan lingkungan.
Pada vertebrata hewa diketahui tulang yang berada di belakang diatur dan direntangkan ke bagian bawah tulang ekor.
Pada hewan vertebrata memiliki bentuk tubuh bilateral simetris.
Pada hewan vertebrata ada kelenjar intravena.
Sistem saraf pada hewan vertebrata terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang sebagai saraf pusat.
Pengembangan sistem pernapasan pada hewan vertebrata memiliki alat khusus termasuk paru-paru, insang dan juda operculum.
Di beberapa bagian dari sistem pencernaan, seperti sistem ecretical dalam aves dan sistem ekskresi pada reptil, alat pencernaan yang memanjang juga diketahui yang diatur dari mulut ke anus.
Hewan memiliki 2 lapisan kulit, yaitu lapisan epidermis di bagian luar dan bagian dalam endoderm.
Pada sebagian besar hewan vertebrata ada organ reproduksi yang dapat dibedakan atau digabungkan.

Contoh banyak vertebrata di dunia ini dan akan mudah ditemukan. Berikut ini adalah contoh dari lima hewan kelas ini. Sampai saat ini lebih dari 66.000 spesies hewan vertebrata telah ditemukan.

1. Hiu (ikan)

Hiu adalah jenis hewan vertebrata. Ikan ini berasal dari Superboard Seachimorpha. Ikan ini dikenal sebagai predator memiliki tulang belakang yang memanjang dari kepala ke ekor. Inilah yang membuat hiu masuk dalam kategori vertebrata. Ikan ini dikenal sebagai predator atau konsumen terkemuka dalam rantai makanan. Taring tajam sering ditakuti oleh manusia dan kelompok hewan lainnya. Ikan ini bernafas menggunakan insang yang dibentuk oleh lima lubang, ada hiu yang memiliki enam hingga tujuh lubang untuk insang. Lapisan kulit hiu dilindungi oleh lapisan kulit yang akan mencegah hiu dari berbagai jenis mikroorganisme parasit dan berbagai penyakit. Gigi yang tajam bisa diganti dan bisa regenerasi. Ada banyak jenis hiu di berbagai belahan dunia.

2. Salmon (Pisces)

Salmon memiliki hiu seperti tulang belakang. Ini membuat salmon memiliki bentuk tubuh bilateral. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang kaya akan omega 3, yang sangat baik untuk kesehatan anak-anak. Salmon dapat ditemukan di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Salmon unik ketika telur direproduksi, yaitu di air tawar. Salmon sudah matang tetapi akan hidup di laut. Salmon memiliki sistem pernapasan khusus dalam bentuk insang.

3. Salamander (amfibi)

Salamander adalah jenis hewan yang dapat hidup di dunia alami, yaitu perairan dan setelah dewasa di bumi. Salamander memiliki proses perkembangan dalam sistem pernapasan. Ketika dalam keadaan kecil bernafas menggunakan insang. Saat Anda tumbuh dewasa, salamander akan bernafas menggunakan paru-paru Anda.

4. Katak (amfibi)

Katak adalah jenis amfibi yang sangat mudah ditemukan. Katak memiliki proses metamorf yang sempurna. Katak menjalani pembuahan eksternal yang ditemukan di luar tubuh. Ketika telur katak kemudian menetas apa yang akan terjadi, katak berubah menjadi berudu. Ketika Anda menjadi berudu, katak bernafas menggunakan insang. Katak itu kemudian tumbuh menjadi dewasa dengan mengangkat tungkai depan dan kaki belakang. Sebagai orang dewasa, organ pernapasan dalam bentuk insang diubah menjadi paru-paru. Ini adalah penyebab katak milik amfibi.

5. Snake (Reptil)

Ular adalah binatang merayap yang tidak memiliki kaki. Hewan ini bernafas menggunakan kulit dan paru-paru. Ular memiliki level yang dapat membantu membunuh mangsa. Hewan ular ditemukan di berbagai daerah dengan berbagai warna dan ukuran.

6. Reptil

Kadal adalah jenis yang termasuk dalam reptil yang merupakan contoh hewan ovovivipar. Kadal termasuk dalam darah dingin. Ini mencegah reptil mengubah suhu tubuh berdasarkan kondisi lingkungan. Sikap tentang reptil akan cenderung membuat tubuhnya merasa nyaman. Misalnya, ketika suhu dingin setelah hujan, reptil akan menghangatkan tubuh mereka.

Sumber : https://rumus.co.id/kingdom-animalia/

In Pendidikan  

Comments are closed.