Definisi Primordialisme Menurut Para Ahli dan Manfaatnya

Kita sering mendengar kata primordialisme, tetapi apa sebenarnya arti dan pemahaman primordialisme? Secara etimologis, primordial atau primordialisme berasal dari kata Latin primus, yang berarti pertama, dan ordiri, yang berarti jaringan atau terhubung.

Secara umum, primordialisme adalah sebuah visi atau pemahaman yang menangkap hal-hal yang telah diambil sejak masa kanak-kanak, baik dari segi tradisi, adat, etnis, ras, agama, kepercayaan, wilayah kelahiran, dan segala sesuatu di lingkungan pertama mereka.

Primordialisme sebagai identitas suatu kelompok atau kelompok sosial merupakan faktor penting dalam memperkuat keterikatan kelompok atau kelompok yang bersangkutan dengan ancaman eksternal. Namun, primordialisme juga dapat menyebabkan prasangka dan permusuhan terhadap kelompok lain atau kelompok sosial.

Memahami primordialisme

Memahami primordialisme menurut pendapat para ahli

Selain penjelasan umum, para ahli dan ahli memiliki pendapat yang berbeda tentang makna primordialisme. Untuk informasi lebih lanjut, di sini adalah seperangkat istilah primordialisme lengkap, menurut para ahli,

KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), primordialisme adalah rasa etnis yang berlebihan.

Robuskha dan Shepsle

Pentingnya primordialisme adalah kesetiaan yang berlebihan pada budaya subnasional seperti etnis, agama, ras, kulit merah, dan keluarga.

Stephen K. Sanderson

Primordialisme terkait dengan studi etnisitas, pandangan bahwa identitas etnis melekat pada individu yang sulit untuk diberantas.

Ramlan Surbakti

Primordialisme adalah hubungan seseorang dalam suatu kelompok yang didasarkan pada kekerabatan, etnis dan moralitas untuk menghasilkan pola perilaku dan cita-cita yang sama.

William G. Sumner

Definisi primodialisme adalah kesetaraan persaudaraan yang ditunjukkan melalui kolaborasi, yang membantu dan menghormati satu sama lain dan memiliki solidaritas, kesetiaan kepada kelompok yang sama, dan pengorbanan diri untuk kelompok.

Charles Horton Cooley

Primordialisme adalah kelompok utama yang menentukan kepribadian manusia dalam kehidupan mereka. Kelompok primer biasanya muncul dari seseorang sejak lahir sehingga mereka memiliki rasa persatuan yang sama (primordial atau primordial).

Fadli Iblaze

Primordialisme sebagai pemahaman yang pada awalnya diakui oleh seseorang ketika ia mengalami pertumbuhan sehingga pola perilaku tertentu dipromosikan dalam membentuk siklus kelompok yang sama.

Ilyas Smt

Primordialisme sebagai gagasan umum umat paroki yang mengingat kelompok etnis atau bidang lain seperti ideologi, agama, dukungan politik, dan pandangan dunia.
Jenis primordialisme

Primordialisme suku: seseorang yang lebih terikat pada sukunya daripada suku lain.
Primordialisme agama: berpegang teguh pada agama tanpa menghormati dan menanggapi pengikut agama-agama lain.
Primordialisme regional: seseorang yang terhubung dengan wilayahnya seperti daerah lain.

Efek negatif dari primordialisme

Mengganggu kelangsungan hidup suatu bangsa
Penghambatan modernisasi dan pengembangan
Penghambatan hubungan antar bangsa
Penghambatan proses asimilasi dan integrasi
Mengurangi dan menghilangkan objektivitas sains
Menyebabkan diskriminasi
Menyebabkan konflik antar budaya etnis.

Efek positif dari primordialisme

Memperkuat cinta tanah air
Meningkatkan loyalitas kepada bangsa
Membangkitkan semangat patriotisme
Pertahankan integritas dan stabilitas budaya

Sebuah tinjauan terhadap pemahaman primordialisme secara umum, menurut para ahli dan KBBI, dengan demikian menghilangkan efek negatif, efek positif dan jenis tipe. Kami berharap penjelasan di atas bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk memahami makna primordialisme yang sebenarnya.

Secara etimologis, primordial atau primordialisme juga berasal dari bahasa Latin, yaitu Primus, yang memiliki makna pertama, dan Ordiri, yang berarti kain atau terikat.

Pengertian primordialisme secara umum adalah visi atau pemahaman yang menangkap hal-hal yang telah dihasilkan sejak kecil, baik itu tradisi, adat, kepercayaan atau apapun yang terkandung dalam lingkungan pertama.

Sebagai identitas kelompok atau kelompok sosial, primordialisme merupakan faktor penting dalam memperkuat keterikatan kelompok atau kelompok yang terkait dengan ancaman eksternal. Primordialisme ini juga dapat menyebabkan prasangka dan permusuhan terhadap kelompok atau bahkan kelompok sosial lainnya.

Sumber: https://ruangpengetahuan.co.id/

Baca Artikel Lainnya:

Cara Memutihkan Selangkangan

Penyabab Penyakit Ablasio Efek Samping dan Cara Pengobatanya

 

Comments are closed.