Fungsi dan Kriteria Sistem Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu bidang studi yang berupaya memecahkan masalah kebutuhan prinsip kehidupan manusia melalui penggunaan semua sumber daya ekonomi yang tersedia berdasarkan prinsip dan teori tertentu dalam ekonomi yang dianggap efektif dan efisien (Abraham Maslow).

1. Fungsi sistem ekonomi

Sistem ekonomi memiliki banyak kegunaan yang fungsinya sangat penting bagi perekonomian suatu negara di seluruh dunia. Pembagian sistem ekonomi yang ada di dunia ini memiliki fungsi dalam ekonomi, termasuk yang berikut ini.

Fungsi dan kriteria sistem ekonomi
Fungsi dan kriteria sistem ekonomi

Memberikan stimulan untuk produksi.
Bekerja dalam menyediakan cara / metode untuk mengoordinasikan kegiatan individu dalam suatu ekonomi.
Sebagai pengatur distribusi hasil produksi di antara semua anggota masyarakat sehingga dapat dilakukan sesuai rencana
Berikan beberapa mekanisme sehingga distribusi hasil produksi di antara anggota masyarakat dapat dilakukan sebagaimana mestinya.
Di negara kami, kami menemukan banyak masalah ekonomi dan pemerintah selalu berusaha untuk memerangi masalah ini, tetapi bahkan jika sejauh ini tidak mungkin untuk mengimplementasikan semuanya dengan baik, kami warga negara Indonesia yang baik selalu aktif dalam memerangi masalah ini. Sebuah contoh kecil dari apa yang perlu kita lakukan untuk memerangi krisis masalah ekonomi adalah berusaha belajar dengan giat, untuk menemukan wawasan yang luas ke dunia ekonomi dan untuk rajin membayar pajak.

2. Kriteria sistem ekonomi

Menurut Gregory Grossman (Rahardja & Manurung, 2005; 382) sistem ekonomi adalah kumpulan komponen atau elemen yang terdiri dari unit dan agen ekonomi dan lembaga ekonomi (institusi), yang tidak hanya saling berhubungan dan berinteraksi, tetapi juga sampai batas tertentu saling mendukung dan saling mempengaruhi. Atau hanya sistem ekonomi adalah cara ekonomi mengatur sistem. Secara umum kita mengenal tiga sistem ekonomi, yaitu sistem ekonomi kapitalis liberal, sistem ekonomi sosialis komunis dan sistem ekonomi campuran.

Sistem ekonomi yang baik menurut pendapatnya Gregory Grossman (Rahardja & Manurung, 2005; 396) yang menyatakan bahwa dikatakan bahwa sistem ekonomi secara keseluruhan baik jika dipertimbangkan dari dua aspek, yaitu;
Perlawanan dan adaptasi
Ada telapak tangan bijak yang mengatakan “Tidak ada yang pasti di dunia ini, kecuali ketidakpastian”. Faktanya, kenyataan hidup diungkapkan dalam pepatah di atas. Manusia dilahirkan, hidup, dewasa, dan mati tanpa bisa memperkirakannya dengan akurat. Itulah sebabnya dalam kaitannya dengan ekonomi manusia, manusia menyusun sistem ekonomi. Tentu saja sistem ekonomi yang baik adalah sistem ekonomi yang mampu mengatasi ketidakpastian baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Performa Kinerja
Terlepas dari ideologi dasar, dikatakan bahwa sistem ekonomi baik jika menghasilkan;
kemakmuran,
pertumbuhan,
produktifitas,
Pemberdayaan e
Jaga lingkungan.
Setiap negara harus menginginkan pertumbuhan ekonomi yang baik dan stabil. Agar tujuan ini dapat diwujudkan, ada kriteria yang dimiliki jika seseorang dapat mengatakan bahwa sistem ekonomi yang relatif baik adalah sebagai berikut.
Apakah sistem ekonomi yang dimaksud menawarkan kemungkinan mencapai standar hidup yang tinggi?
Apakah pertumbuhan ekonomi yang stabil dimungkinkan?
Apakah sistem ekonomi menghargai kebebasan ekonomi rakyat dengan benar?
Apakah sistem ekonomi memberikan kepastian ekonomi kepada semua anggota masyarakat?
Apakah sistem ekonomi menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen?
Apakah sistem ekonomi menunjukkan distribusi pendapatan yang memadai?

Sumber : rumus guru

In Pendidikan  

Comments are closed.