Gejala Batu Empedu Mirip Dengan Sakit Maag

Mulas sering ditandai dengan mual, muntah, kehilangan nafsu makan, mulas, sakit perut, dan peningkatan asam lambung. Tapi jangan remehkan gejalanya. Berbagai gejala dianggap karena maag yang umum, yang bisa menjadi tanda penyakit batu empedu. Apa saja gejala gastritis dan batu empedu?

Gejalanya bervariasi pada gastritis dan batu empedu

1. Gejala berbeda dengan mulas
Penyakit jantung adalah keluhan umum, gejala gastritis dan batu empedu. Pada dasarnya, kedua hal ini terjadi di saluran pencernaan dan berada di sebelahnya.

Mulas disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, yang mengiritasi dinding perut. Gejala mulas yang paling umum adalah mulas, diikuti mual, dan muntah yang terasa asam atau pahit.

Penyakit batu empedu juga menyebabkan mulas, tetapi lokasinya lebih terfokus pada daerah perut kanan atas yang meluas ke pinggul, punggung, dan bahu.

Gejala sakit ginjal juga bisa kronis – bisa berlangsung berjam-jam – dan mungkin tidak membaik setelah mengonsumsi antasid atau obat sakit maag lainnya.

2. Berbagai gejala pemicu
Gejala mulas dan batu empedu dapat terjadi setelah makan. Namun, gejala batu empedu biasanya parah setelah makan makanan berlemak seperti makanan goreng, santan, dan sebagainya.

Kadang-kadang di lambung, apakah mereka gemuk atau tidak, masih akan merangsang produksi asam lambung dan menyebabkan rasa sakit.

Konsumsi antibiotik, obat penghilang rasa sakit NSAID, dan kortikosteroid juga dapat menyebabkan mulas. Namun, obat-obatan ini tidak memengaruhi serangan dari kereta.

3. Gejala berbeda
Penyakit batu empedu biasanya menyebabkan kelainan pada warna tinja dan urin. Jika Anda memiliki batu empedu, warna tinja biasanya kurang ketika warna urin berwarna kuning atau cikelate berwarna kuning. Mulas tidak menyebabkan perubahan warna pada keduanya.

Selain itu, gejala batu empedu dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan mata putih menjadi kuning akibat kerusakan fungsi ginjal. Gejala seperti ini tidak akan pernah ditemukan di mulas.

Meskipun serupa, penting bagi Anda untuk mengetahui apa gejalanya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat saat berada di dokter.

Baca juga:

Comments are closed.