Aksesoris Gitar

  • Plectrum

Plectrum Picks, atau Picks adalah aksesoris gitar yang dibutuhkan untuk memainkan senar. Plectrum biasanya hanya digunakan pada gitar elektrik, dan bahan yang berasal dari bahan padat akan membantu senar menjadi lebih kuat. Bahan baku pembuatan bulu bisa bermacam-macam, seperti kayu, logam, plastik dan tulang hingga cangkang penyu. Sedangkan untuk tipe yang terakhir ini harganya sangat mahal dan saat ini sudah jarang ditemukan. Handuk memiliki ukuran yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan fungsi dari masing-masing ukuran. Plectrum kecil digunakan untuk jazz, sedangkan ukuran besar digunakan untuk bass.

  • Strap

strap adalah strap yang digunakan untuk menggantungkan gitar di atas bahu pengguna. Cara ini dibuat untuk memudahkan bermain gitar sambil berdiri. Aksesori lain pada strap adalah logam yang menempel pada body gitar menggunakan sekrup.

Gitar semakin berkembang saat ini dan telah menjadi alat musik yang paling populer. Catatan yang dihasilkan dengan memetik senar oleh musisi dan komposer terampil telah menjadi alat musik dunia. Musisi gitar sudah banyak, tak terkecuali Indonesia. Pengenalan gitar di negara kita dimulai pada zaman penjajahan, yang menyenangi seni bermain gitar. Gitar yang diperkenalkan oleh Portugis (tahanan Belanda) pada abad ketujuh belas sudah menjadi hiburan yang menyenangkan bagi orang-orang penjajah. Bahkan gitar sering menjadi pengiring musik keroncong saat itu. Perkembangan teknologi, peradaban dan kemerdekaan Indonesia membuat gitar semakin populer di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dilestarikan hingga saat ini.

Chord Gitar :

chordtela.co.id