Kehamilan dapat menentukan status gizi anak hingga dewasa.

Apakah Anda merencanakan kehamilan dalam waktu dekat? Wanita yang ingin hamil harus memperhatikan hal-hal yang berbeda seperti status gizi dan kondisi kesehatan mereka. Status gizi normal sangat penting bagi wanita yang ingin hamil, karena meminimalkan kemungkinan komplikasi selama kehamilan. Bahkan status gizi wanita sebelum

Kehamilan dapat menentukan status gizi anak hingga dewasa.

Namun, status gizi tidak hanya diukur dengan mengukur dan mengukur ketinggian, tetapi juga dapat diketahui dari ukuran lingkar lengan atas atau sering disebut sebagai ukuran LiLA.
Mengetahui ukuran lingkar lengan penting bagi Anda yang ingin hamil

Pengukuran LiLA adalah cara mengukur untuk menentukan status gizi dan apakah seseorang mengalami defisit energi kronis (KEK) atau tidak. Berbeda dengan bobot yang bisa berubah dengan cepat, ukuran LiLA butuh waktu lama untuk berubah. Karena itu LiLA digunakan untuk mengukur status gizi masa lalu.

LiLA sebenarnya lebih sering dilakukan pada wanita usia subur dan kehamilan. Ini karena LiLA dianggap sebagai metode yang efisien dan efektif untuk mengukur risiko kekurangan energi kronis, yang lebih sering terjadi pada wanita, terutama pada wanita hamil.
Mengapa pengukuran LiLA penting bagi wanita yang ingin hamil?

Seperti disebutkan di atas, LiLA adalah metode pengukuran untuk menentukan risiko KEK pada wanita hamil dan wanita. Kekurangan energi kronis (KEK) adalah masalah gizi yang disebabkan oleh kurangnya asupan makanan dalam jangka waktu yang lama, beberapa tahun. Batas nilai normal yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan Indonesia untuk mengukur LiLA adalah 2,35 cm. Jika seorang wanita atau seorang wanita hamil memiliki ALL yang kurang dari 23,5 cm, status nutrisinya dianggap kurang dan memiliki KEK.

Sementara itu, jika KEK dialami oleh wanita hamil, itu akan berdampak negatif pada dirinya dan janinnya. Wanita hamil yang memiliki KEK berisiko menderita berbagai komplikasi kehamilan seperti keguguran, pertumbuhan janin yang tidak maksimal, kesulitan melahirkan, cacat lahir, bayi dengan berat lahir rendah, dan bahkan kematian bayi saat lahir.
Lemak betina diperlukan jika Anda ingin hamil

Pengukuran LiLA menggambarkan jaringan otot dan lapisan lemak subkutan atau lemak subkutan di bagian atas lengan wanita. Lemak subkutan adalah lemak yang berfungsi sebagai cadangan energi dalam tubuh. Ketika energi yang diperoleh dari gula habis, tetapi tubuh masih membutuhkan energi untuk melakukan fungsi tubuhnya, maka lemak di bawah kulit ini yang akan diubah menjadi gula kemudian menjadi bahan dasar energi.

Ketika seorang wanita memiliki lingkar lengan yang kecil, ini menunjukkan bahwa dia tidak memiliki cadangan lemak yang baik. Meskipun cadangan lemak ini sangat diperlukan selama kehamilan. Energi yang dibutuhkan ketika seorang wanita hamil meningkatkan kebutuhannya sebelum hamil. Dengan cadangan lemak LiLA, wanita hamil dicegah mengalami kekurangan energi.
Jadi, bagaimana Anda mengukur LiLA?

Sebelum merencanakan kehamilan, Anda harus terlebih dahulu mengetahui lingkar lengan Anda. Anda dapat menemukan dan mengukur lingkar lengan Anda menggunakan meteran jahit – meskipun lebih baik menggunakan pita LiLA khusus. Untuk mengukurnya, mintalah pasangan Anda atau orang lain untuk membantu Anda dan lakukan hal berikut:

Menentukan lengan mana yang akan diukur. Jika tangan kanan digunakan sebagai tangan dominan dalam kegiatan sehari-hari, pengukuran LiLA dilakukan pada lengan kiri. Dan sebaliknya.
Kemudian lipat lengan Anda untuk membentuk siku Anda. Ukur panjang lengan atas, dari tulang bahu ke siku. Kemudian tandai titik tengah panjang lengan atas.
Lingkari pita perekat di titik tengah yang ditentukan, tetapi jangan terlalu kencang dan longgar di sekitarnya.
Kemudian bacalah angka-angka yang dicetak pada meteran dan ketahui juga dimensi LiLA Anda.

Baca juga:

 

 

In Kesehatan  

Comments are closed.