Kenali Manfaat Daun Binahong, tapi Jangan Konsumsi Berlebihan

Kenali Manfaat Daun Binahong, tapi Jangan Konsumsi Berlebihan

Daunnya yang berbentuk hati ini memiliki sejumlah keunggulan. Salah satu manfaat yang tidak bisa diremehkan daun Binahong adalah kemampuan untuk menangani luka bakar pada penyakit ginjal kronis.

Manfaat kesehatan dari daun binahong

Kenali Manfaat Daun Binahong, tapi Jangan Konsumsi Berlebihan

Kenali Manfaat Daun Binahong, tapi Jangan Konsumsi Berlebihan

Daun binahong dikenal sebagai anggur Madeira dengan nama ilmiah Anredera cordifolia. Daun ini ditemukan di Asia Tenggara dan daerah tropis di Amerika Serikat.

Manfaat daun Binahong tidak hanya tersedia, tetapi juga berlimpah. Apa kelebihan daun binahong?

1. Pencegahan penyakit jantung
Ternyata, mengonsumsi daun Binahong bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan saponin dalam daun Binahong dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Caranya adalah membuat daun binahong seperti teh. Tambahkan gula atau madu untuk membuat rasanya lebih manis. Resep ini bisa dikonsumsi dua kali sehari.

2. Obati luka bakar
Kita tahu bahwa luka bakar perlu dirawat dengan cepat. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 menunjukkan bahwa salep dengan ekstrak daun Binahong 5% mampu mengobati luka bakar dengan cepat.

Kunci proses penyembuhan luka bakar adalah pembentukan kolagen. Kolagen adalah protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk kulit. Saat menggunakan ekstrak daun Binahong, luka bakar sembuh lebih baik daripada saat menggunakan daun Binahong.

3. Obati bisul
Jika Anda memiliki tukak akut yang sering terjadi selama makan berantakan, daun binahong bisa menjadi teman pencernaan Anda. Makan daun Binahong dapat mengendalikan keasaman lambung agar tetap terkendali dan tidak meningkatkannya, menyebabkan tukak lambung kembali.

4. Obati gout
Manfaat selanjutnya dari daun Binahong adalah pengobatan encok. Mengkonsumsi daun Binahong rebus secara teratur dengan air dapat menurunkan kadar purin dalam tubuh.

Purin adalah senyawa organik dalam DNA tubuh yang terjadi setelah makan makanan yang memicu asam urat. Jadi, jika Anda merasa seperti Anda telah makan hidangan seperti daging organ, daging merah atau kacang-kacangan dalam porsi yang berlebihan, lebih baik untuk menebus ini dengan minum daun binahong yang dimasak.

5. Mencegah kanker
Kanker adalah mimpi buruk bagi banyak orang. Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa manfaat daun Binahong dapat lebih jauh mencegah kanker.

Tingkat antioksidan dalam daun Binahong telah terbukti efektif dalam mencegah kanker. Anda bisa mengkonsumsinya dengan merebus daun binahong tiga kali sehari dan minum air putih.

6. Mencegah diabetes
Kandungan gula yang tinggi dalam tubuh dapat memicu diabetes. Jika Anda ingin mengendalikan ini, Anda tidak hanya bisa mengatur pola makan, tetapi juga memanfaatkan daun Binahong.

Daun binahong dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh. Prosedurnya sama seperti sebelumnya, yaitu Air dikonsumsi dengan cara merebus daun binahong secara teratur.

7. Kembalikan resistensi
Lelah setelah seharian bekerja? Air rebusan dengan daun Binahong dapat mengembalikan daya tahan lelah. Anda cukup merebus 1 lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan dikonsumsi secara teratur.

Bahkan, air matang dengan daun Binahong juga dapat meningkatkan vitalitas pria ketika dikonsumsi dalam berbagai dosis. Tetapi pastikan tubuh tidak menunjukkan reaksi negatif sebelum mencoba.

8. Mengatasi anemia
Anemia dapat terjadi ketika tekanan darah seseorang di bawah normal. Penyerapan zat besi diperlukan untuk mengimbangi. Nah, daun Binahong mengandung zat besi, yang dibutuhkan oleh sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

Baca Juga :

In Kesehatan  

Comments are closed.