Manfaat Obat Asam Mefenamic Acid

redaksibengkulu.co.id – Asam mefenamat adalah obat yang digunakan untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang. Sering digunakan sebagai obat untuk sakit gigi, sakit kepala dan sakit saat menstruasi.

Asam mefenamat atau asam mefenamat dikenal sebagai obat antiinflamasi non-steroid (NSAID). Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati serangan gout.

Dosis asam mefenamat dan efek samping asam mefenamat dijelaskan di bawah ini.

Apa aturan minum asam mefenamat?

Asam mefenamat biasanya diminum empat kali sehari dengan segelas air mineral (240 mililiter) atau sesuai arahan dokter. Jangan minum obat ini setidaknya 10 menit setelah minum obat ini. Jika Anda memiliki masalah perut, minum obat ini dengan makanan atau susu. Jangan mengonsumsi asam mefenamat dengan antasida kecuali jika diarahkan oleh dokter.

Beberapa antasida dapat mengubah jumlah asam mefenamat yang dicerna oleh tubuh.

Dosis tergantung pada kondisi kesehatan dan respons terhadap pengobatan. Untuk mengurangi risiko pendarahan lambung dan efek samping lainnya, minum obat ini dengan dosis terendah untuk waktu yang singkat.

Jangan menambah dosis, jangan minum secara teratur atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Obat ini tidak boleh diminum lebih dari 7 hari sekaligus.

Ketika mengambil obat ini sebagai kebutuhan dasar (tidak setiap hari), ingatlah bahwa obat ini bekerja dengan baik ketika diminum ketika tanda-tanda pertama rasa sakit muncul. Jika Anda menunggu tanda-tanda memburuk, obatnya tidak akan bekerja dengan baik.

Jika Anda menggunakan obat ini untuk masalah menstruasi, minum dosis pertama segera setelah awal haid atau ketika rasa sakit terjadi. Biasanya, perlu untuk menggunakannya hanya untuk 2 atau 3 hari pertama selama siklus.

Beri tahu dokter Anda jika rasa sakitnya tidak memburuk atau memburuk atau jika Anda memiliki gejala baru lainnya.

Cara menyimpan asam mefenamat

Obat harus disimpan pada suhu kamar, jauh dari cahaya langsung dan tempat lembab. Jangan simpan di kamar mandi. Jangan menggoreng merek lain dari obat ini mungkin menggunakan aturan penyimpanan yang berbeda. Ikuti instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membilas obat-obatan di toilet atau saluran pembuangan kecuali dinyatakan sebaliknya. Buang produk ini ketika sudah kadaluarsa atau tidak diperlukan lagi. Tanyakan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal Anda cara membuang produk Anda dengan aman.
dosis

Informasi yang diberikan tidak menggantikan saran medis. SELALU konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum memulai perawatan.

Berapa dosis asam mefenamat untuk orang dewasa?

Dosis asam mefenamat untuk pengobatan nyeri: asam mefenamat 500 mg, diikuti oleh 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan, tidak lebih dari 7 hari.

Dosis asam mefenamat pada nyeri haid: 500 mg, diikuti oleh 250 mg setiap 6 jam dari awal menstruasi.
Berapa dosis asam mefenamat untuk anak-anak?

Dosis asam mefenamat untuk anak-anak berusia antara 14 dan 18 tahun: 500 mg, diikuti oleh 250 mg setiap 6 jam, sesuai kebutuhan, tidak lebih dari 7 hari.
Berapa dosis asam mefenamat tersedia?

Kapsul: 250 mg.
efek samping
Efek samping apa yang dapat dimiliki mefenamic acid?

Efek samping dari asam mefenamat yang tidak serius tetapi kadang-kadang terjadi termasuk:

Mual, mulas atau sakit perut, diare, sembelit, perut kembung
Pusing, sakit kepala, gugup
Gatal atau ruam
Mulut kering
Hidung berair dan berkeringat
Visi kabur
Dering di telinga

Berhentilah mengonsumsi asam mefenamat dan konsultasikan dengan dokter atau hubungi dokter jika Anda memiliki efek samping serius:

Nyeri dada, kelelahan, sesak napas, bahasa tidak jelas, gangguan visual atau keseimbangan
Kotoran hitam berdarah, batuk atau muntah darah yang terlihat seperti bubuk kopi
Buang air kecil jarang atau tidak sama sekali
Nyeri, panas atau pendarahan saat buang air kecil
Mual, sakit perut, demam, kehilangan nafsu makan, urin gelap, feses berwarna tanah liat, penyakit kuning (kulit dan mata menguning)
Demam, sakit tenggorokan dan sakit kepala, luka kulit, kerak kulit dan ruam merah
Memar, kesemutan parah, mati rasa, kelemahan otot

Tidak semua orang memiliki efek samping berikut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek samping tertentu, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.
Pencegahan dan peringatan

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan asam mefenamat?

Sebelum konsumsi asam mefenamat

Beri tahu dokter dan apoteker Anda jika Anda alergi terhadap asam mefenamat, aspirin atau obat antiinflamasi non-steroid lainnya seperti ibuprofen (Advil, Motrin) dan naproxen (Aleve, Naprosyn), obat-obatan lain dan bahan-bahan tidak aktif lainnya dalam kapsul. asam mefenamat. Tanyakan apoteker Anda untuk daftar bahan yang tidak aktif.

Beri tahu dokter dan apoteker apa yang tidak diresepkan dalam obat resep, vitamin, suplemen, dan produk herbal yang Anda konsumsi dan konsumsi. Pastikan untuk menyebutkan antasida dari obat ini: antasida; Zat-zat yang mengubah Angiotensin (ACE), seperti Benazepril (Lotensin), Captopril (Capoten), Enalapril (Vasotec), Fosinopril (Monopril), Lisinopril (Prinivil, Zestril), Moexipril (Univasc), Enalapril (Vasotec), Enalapril (Vasotec) ), ramipril (Altace) dan trandolapril (Mavik), amiodarone (cordarone, paceron), atazanavir (Reyataz), clopidogrel (Plavix), diuretik (“pil air”), efavirenz (Sustiva), flukonazol (diflucan) Lescol) , metronidazole (Flagyl), lithium (Eskalith, Lithobid), lovastatin (Mevacor), methotrexate (Rheumatrex), ritonavir (Norvir, dalam Kaletra), sulfamethoxazole (di Bactrim, Septra), sulfinpyrazone (Anturan), dan Zafirlukast (Accuran) dokter dapat mengubah dosis obat atau memonitor dengan hati-hati untuk menentukan efek samping.

Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki atau memiliki salah satu dari kondisi berikut: asma, terutama jika Anda sering memiliki hidung tersumbat, pilek atau polip hidung (pembengkakan hidung); Pembengkakan tangan, kaki, pergelangan kaki, dan kaki bagian bawah (retensi cairan); Penyakit hati atau ginjal
Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, terutama jika Anda berada di bulan terakhir kehamilan, berencana untuk hamil atau menyusui. Jika Anda hamil saat mengonsumsi asam mefenamat, segera hubungi dokter Anda
Jika Anda menjalani operasi, termasuk perawatan gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda mengonsumsi asam mefenamat

Apakah asam mefenamat aman untuk wanita hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai tentang risiko penggunaan asam mefenamat pada wanita hamil atau menyusui. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk dalam kategori risiko C (berpotensi terancam punah) di bawah FDA Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut ini adalah referensi untuk kategori risiko kehamilan menurut FDA:

A = tanpa risiko
B = Tidak ada risiko dalam beberapa penelitian
C = Mungkin berisiko
D = Ada indikasi positif risiko
X = Kontraindikasi
N = tidak diketahui

Tidak diketahui apakah asam mefenamat dapat diserap ke dalam ASI atau berbahaya bagi bayi. Jangan gunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter Anda jika Anda menyusui.
interaksi

Obat apa yang bisa berinteraksi dengan asam mefenamat?

Interaksi dengan obat-obatan lain dapat mempengaruhi kinerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Dokumen ini tidak mencantumkan semua kemungkinan interaksi dengan obat lain. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep / non-resep dan produk herbal) dan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Baca Artikel Lainnya:

Cara dan Aturan Minum Obat Diare yang Benar

Toyota Lampung Tinjauan Toyota Dyna

 

 

Comments are closed.