Memahami Pengertian IP Address

Internet adalah kombinasi koneksi dari banyak komputer di dunia. Untuk berkomunikasi, komputer yang terhubung membutuhkan alamat agar data dapat ditempatkan dengan benar.

Alamat menjadi sarana identifikasi untuk komputer target ketika mengenali komputer yang mengirim data ke sana. Ini adalah penggunaan alamat IP.

Penentuan alamat IP

Alamat Protokol Internet berarti Alamat IP. Definisi alamat IP adalah identifikasi numerik yang ditandai untuk perangkat, seperti komputer, router atau printer, yang terkandung dalam jaringan komputer yang menggunakan protokol Internet sebagai alat komunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi, yaitu:

  1. Sebagai cara mengidentifikasi host atau antarmuka di jaringan.
    Fitur ini diilustrasikan sebagai nama seseorang sebagai metode untuk menentukan siapa orang itu. pada jaringan komputer hal yang sama berlaku.
  2. Sebagai alamat lokasi jaringan.
    Fitur ini diilustrasikan sebagai alamat rumah kami, yang menunjukkan lokasi kami. Untuk memfasilitasi pengiriman paket data, alamat IP berisi informasi tentang keberadaannya. Hal ini diperlukan untuk melewati rute yang dapat diperoleh data pada komputer akhir.

Alamat IP menggunakan angka 32-bit. Sistem ini dikenal sebagai Protokol Internet versi 4 atau IPv4. Saat ini, IPv4 masih digunakan, meskipun IPv6 diperkenalkan pada tahun 1995.

Ini karena tingginya pertumbuhan jumlah komputer yang terhubung ke Internet. Kemudian, diperlukan lebih banyak alamat yang dapat mengidentifikasi banyak anggota jaringan.
Format Alamat IP

Bahkan, pengalamatan IP menggunakan nomor biner. Tetapi untuk mempermudah orang menulis dan membaca, alamat IP ditulis dengan 4 angka desimal, yang masing-masing dipisahkan oleh titik-titik.

Format rekaman ini disebut notasi desimal. Setiap angka desimal adalah nilai satu oktet atau delapan bit dari alamat IP. Contohnya adalah sebagai berikut:

192.168.1.1

Jika dikonversi ke angka biner, berikut ini adalah:

11000000.10101000.1.1

Apa yang lebih mudah dibaca?

Alamat ip kelas

Administrator jaringan yang memprakarsai alamat IP membaginya menjadi 5 kelas, yaitu A, B, C, D, dan E. Perbedaan di setiap kelas adalah ukuran dan jumlah. IP Kelas A digunakan oleh jaringan kecil dengan beberapa anggota. Kemudian B dan C. masing-masing, untuk D dan E adalah alamat IP untuk tujuan percobaan.

ID Jaringan dan ID Host

Pembagian kelas alamat IP di atas didasarkan pada dua hal, yaitu ID jaringan dan ID host. Pengidentifikasi jaringan adalah bagian dari alamat IP yang menunjukkan lokasi jaringan komputer yang berada. Sedangkan ID host menunjukkan semua node TCP / IP lainnya di jaringan.

Sumber : https://www.videomax.co/

Comments are closed.