Mengapa Maag membuat Anda kehilangan nafas?

Bagi Anda yang memiliki bisul, mereka harus sangat terbiasa dengan keluhan sesak napas karena peningkatan asam lambung. Gejala ini sebenarnya merupakan tanda tukak kronis. Refluks asam lambung yang terus memburuk dapat menyebabkan komplikasi pernapasan yang berpotensi mematikan, lho! Lihat cara mencegah sesak napas akibat ulkus kronis di bawah ini.

Mengapa Maag membuat Anda kehilangan nafas?

Napas pendek karena peningkatan asam lambung dapat terjadi ketika cairan asam itu kontak dengan kerongkongan atau bahkan memasuki paru-paru. Kondisi ini kemudian memicu refleks saraf yang menyebabkan penyempitan saluran udara untuk memaksa cairan keluar dari paru-paru.

Jika perut Anda kronis, kerusakan pada kerongkongan dan paru-paru karena paparan asam lambung yang terus menerus dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti asma atau radang paru-paru, yang ditandai dengan batuk atau mengi (mengi). Tidak jarang, ini juga menciptakan perasaan sesak di dada.
Cara cepat mengatasi sesak napas karena meningkatnya keasaman lambung

Ketika Anda kesulitan bernapas, segera gerakkan ruang terbuka dan terbuka yang memiliki sirkulasi udara segar yang bebas. Jadi, cobalah duduk tegak dan bernapas perlahan melalui perut dengan mengencangkan bibir.

Letakkan tangan Anda di perut, lalu bernapas perlahan melalui hidung. Biarkan dada dan perut bagian bawah mengembang sampai Anda merasakan tangan Anda berdiri. Ini berarti bahwa diafragma bergerak ke bawah untuk memberikan ruang bagi paru-paru untuk diisi dengan udara beroksigen.

Tahan napas selama beberapa detik (hitung mulai dari 1 hingga 10), lalu buang napas perlahan melalui mulut (hitung mulai 1 hingga 10). Anda juga harus merasakan tangan Anda turun perlahan. Ulangi selama beberapa menit sampai Anda bisa mengatur napas.

Nafas pendek karena peningkatan asam lambung juga bisa diobati dengan obat yang dihirup atau diminum. Tujuannya adalah untuk membantu meringankan atau mencegah obstruksi jalan napas dan produksi lendir yang berlebihan. Beberapa jenis obat yang mengurangi asam lambung karena GERD adalah H2 blocker (ranitidine atau famotidine) dan inhibitor pompa proton / PPI (omeprazole).

Ketika asam lambung terus berulang dan menyebabkan sesak napas, ini adalah kondisi serius dan Anda harus menerima perawatan dari dokter sesegera mungkin. Anda juga dapat dirujuk ke spesialis gastrointestinal untuk menjalani beberapa tes kesehatan.

Bagaimana mencegah sesak napas karena peningkatan asam lambung?

Selain obat yang diresepkan oleh dokter, diet teratur dan gaya hidup sehat dapat mengurangi munculnya gejala lambung. Anda harus membagi makanan menjadi porsi kecil selama sehari dan menghindari makanan berlemak, makanan asam dan makanan pedas. Juga, jangan makan terlalu malam. Selama tidur, jangan menggunakan bantal terlalu banyak yang bisa membuat kondisi asam lambung memburuk.

Mencegah sesak napas juga bisa dilakukan dengan mempraktikkan teknik pernapasan dalam seperti yang dijelaskan di atas. Menurut Everyday Health, sebuah studi baru-baru ini melaporkan bahwa gejala GERD dapat dikurangi dengan latihan pernapasan teratur. Dengan demikian, sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology menunjukkan bahwa peserta yang mempelajari teknik pernapasan untuk memperkuat diafragma memiliki risiko lebih rendah untuk bernapas berat karena asam lambung meningkat dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan latihan pernapasan.

Jika Anda merokok, hentikan kebiasaan itu dan hindari minum alkohol. Selalu pergi ke dokter untuk memeriksa kesehatan perut Anda.

Baca juga:

 

 

In Kesehatan  

Comments are closed.