Pahami Karangan Narasi Beserta Contohnya

Pengertian

Teks naratif adalah esai yang menentukan atau menjelaskan suatu peristiwa atau peristiwa berdasarkan seri waktu. Peristiwa dalam teks naratif sebenarnya bisa terjadi atau hanya menjadi fantasi.

Apakah Anda mulai membayangkan makna teks naratif? Teks naratif tidak hanya berasal dari peristiwa nyata, tetapi juga dapat berasal dari cerita imajiner atau imajiner seperti novel, novel, cerita, drama dan biografi.

Jenis teks naratif

Berikut ini adalah penjelasan dari teks naratif:

1. Teks Expositorium

Teks penjelasan adalah bagian naratif yang bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat tentang suatu peristiwa atau peristiwa, dengan tujuan memperluas intuisi dan pengetahuan orang tentang sejarah seseorang.

2. Teks naratif sugestif

Teks naratif sugestif adalah narasi yang dimaksudkan untuk melayani tujuan tertentu atau menyampaikan pesan tersembunyi kepada pembaca atau pendengarnya. Jadi sepertinya pembaca dan pendengar dapat melihat dan mengetahui apa artinya.

Berikut ini adalah penjelasan tentang sifat-sifat teks naratif:

Teks naratif terdiri dari tiga elemen utama, yaitu angka, waktu dan peristiwa.
Teks naratif adalah fiksi dan non-fiksi.
Teks naratif berisi cerita, cerita, peristiwa dan peristiwa.
Teks naratif harus menyampaikan informasi atau pengalaman yang tak terlupakan kepada pembaca atau pendengar.

Contoh teks eksposisi naratif

4 Juli 1927, Ir. Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) dengan tujuan kemerdekaan Indonesia. Memang, pada tanggal 29 Desember 1929, ia dibawa ke penjara Sukamiskin di Bandung oleh Belanda sampai tanggal 31 Desember 1931.

Dia diberhentikan dan bergabung dengan Partindo, tetapi untuk kedua kalinya Ir. Soekarno ditangkap dan dibuang pada tahun 1933 setelah berakhirnya, Flores. Ia kemudian dipindahkan ke Bengkulu.

Setelah perjuangan yang panjang, ia dan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Contoh teks naratif pendek

Arya pergi ke pasar dengan sepedanya ketika dia tiba di pasar, membeli kebutuhannya dengan ayahnya yang sakit. Setelah semua benda telah dibeli, ia pulang dengan sepedanya dan segera pergi ke rumahnya, yang hanya berupa gubuk kecil di tepi sungai.

Catatan: contoh di atas adalah acara Arya yang pergi ke pasar untuk mencari nafkah dan kemudian pulang. Ketiga peristiwa ini berurutan untuk membentuk kronologi.

Ini adalah diskusi singkat tentang makna teks naratif, jenis teks naratif, karakteristik teks naratif, dan contoh teks naratif pendek. Saya harap Anda dapat berkontribusi pada intuisi Anda.

Contoh teks naratif sugestif

Berkelahi di pagi buta
Saat itu, matahari belum terbit dari campuran, ayam bahkan belum melakukan tugasnya. Tapi Tuan Raden telah meninggalkan kediamannya. Kulitnya berkerut dan tipis seolah-olah dia tidak bekerja pada angin pagi yang mencoba membekukan kulitnya.

Tangannya yang kuat membawa kapak di tangan kirinya, sementara hadiah yang besar ada di tangan kanannya.

Ketika dia menginjak sawah dengan kakinya, dia tiba-tiba berhenti pada tangisan bayi kecil itu, yang kemudian merusak kesunyian. Dengan ketakutan, Tuan Raden mencari sumber jeritan itu.

Terkejut, Tuan Raden melihat seorang yang sangat kecil dan cantik berbaring di bawah pohon beringin besar.

Ketika dia mencoba mengangkat bayi itu, tiba-tiba seekor harimau cukup besar untuk menyerangnya.

Tapi Pak Raden dengan terampil menghindari harimau. Ternyata air mata bayi itu juga terdengar seperti harimau. Dan sepertinya harimau itu kelaparan.

Harimau itu selalu menatap anak itu. Ketika dia melihat harimau itu, Pak Raden berusaha menjauhkan harimau itu dengan cangkulnya.

Tetapi harimau kembali untuk bertarung. Dia berbalik untuk menyerang Tuan Raden dan berhasil menyakiti Tuan Raden. Dia jatuh ke tanah dan didesak, karena harimau itu ingin mulai berlari ke arahnya lagi, Tuan Raden mengambil kapaknya di dekat tubuhnya.

Akibatnya, Pak Raden berhasil mengalahkan harimau dengan cangkulnya, yang menyerang perut harimau sampai harimau itu mati.

Setelah berhasil membunuh harimau itu, Pak Raden membesarkan anak itu dan membawanya pulang untuk merawat putranya.

Contoh teks eksposisi naratif

Pada 10 November 1945, sebuah gerakan perlawanan dari orang-orang Surabaya pecah, untuk mengusir penjajah Belanda dan sekutu mereka secara khusus untuk wilayah Surabaya di negara itu.

Perang ini dihasilkan dari kemarahan tentara Inggris karena salah satu pemimpinnya, Brigadir Jenderal Mallaby, terbunuh. Setelah kematian pemimpin mereka, Inggris dan sekutunya memberikan semua pejuang Surabaya sebuah ultimatum untuk menyerah segera.

Alih-alih menyerah, ultimatum dianggap sebagai penghinaan oleh para pejuang dan orang-orang Surabaya. Mereka membentuk perjuangan milisi untuk menghadapi Inggris, yang mengancam akan menyerang.

Mengetahui bahwa ultimatumnya ditolak, Inggris dan sekutunya sangat marah. Pada 10 November, mereka melancarkan serangan besar-besaran di laut, udara dan darat, mengerahkan sekitar 30.000 infantri.

Sejumlah pesawat, tank dan kapal perang diarahkan ke Surabaya. Kota Surabaya benar-benar diserang oleh Sekutu. Mereka membom gedung-gedung pemerintah dan membunuh semua parang prajurit yang terlibat.

Peristiwa saat itu mengerikan, pembunuhan ada di mana-mana dan membuat para pejuang bahkan lebih putus asa. Rencana untuk menaklukkan kota Surabaya dalam tiga hari sangat menyedihkan di luar semua harapan.

Semua pejuang dan orang-orang Surabaya turun ke jalan untuk bertarung. Semangat para pejuang Surabaya saat itu sangat membara. Ini karena munculnya seorang pemuda bernama Bung Tomo.

Saat itu Bung Tomo memberikan pidato berani kepada masyarakat Surabaya untuk membakar semangat juang yang mereka miliki sampai mati.

Pertempuran Surabaya berlangsung sekitar 3 minggu dan dimenangkan oleh Sekutu, meskipun kota Surabaya telah jatuh ke tangan Sekutu.

Sumber : https://contohsoal.co.id/contoh-karangan-narasi/

Baca Juga :

Kamu Ingin Bisa Menulis Teks Editorial, Simak Materinya Disini !

In Pendidikan  

Comments are closed.