6 Pakaian Adat Maluku Ambon, Nama dan Gambar serta Penjelasannya

Pakaian Adat Maluku Ambon

Pakaian adat maluku

Pakaian tradisional Maluku (Ambon) adalah budaya Indonesia, yang merupakan salah satu harta kekayaan nusantara. Keberadaan mereka harus dilestarikan dari waktu ke waktu untuk generasi berikutnya.

Dengan mengacu pada pemahaman umum tentang versi Wikipedia, pakaian adalah bahan tekstil dan serat yang digunakan sebagai penutup tubuh. Sedangkan adat adalah ide budaya yang terdiri dari nilai-nilai budaya, norma, kebiasaan, institusi, dan common law yang biasa dipraktikkan di suatu daerah.

Pakaian tradisional Maluku adalah simbol identitas penduduk lokal, yang merupakan gaya warna Indonesia. Sekarang informasi tentang pakaian tradisional dari Maluku sangat mudah ditemukan di situs web. Dapat dilakukan di komputer, laptop atau smartphone.

Maluku, yang terdiri dari Maluku Utara, Maluku Tenggara, Maluku Selatan, dan Maluku Tengah, memiliki banyak kebiasaan yang harus diketahui semua warga negara Indonesia.

Maluku adalah provinsi di selatan Kepulauan Maluku di Indonesia dan membedakan antara pakaian tradisional untuk pria dan wanita. Untuk informasi lebih lanjut, kami telah berhasil mengumpulkan informasi untuk Anda.

Namun, sebelum Anda masuk ke informasi tentang pakaian tradisional di Maluku, Anda harus tahu bahwa blog ini berisi banyak arsip digital budaya Indonesia. Dari alat musik tradisional Indonesia hingga pakaian tradisional Indonesia. Setelah membaca artikel ini, Anda dapat membaca tentang kostum Bali dan kostum Aceh dan kostum Papua.

isi
Ini adalah nama-nama pakaian tradisional Maluku
Kemeja 1 Cele
Pakaian tradisional Maluku
tentang blogger

Kemeja cele atau kain Salele adalah pakaian tradisional Maluku yang paling terkenal. Meskipun terkesan dengan betapa mudah dan mudahnya memakai atau mengenakan, pakaian tradisional Maluku ini memiliki nilai filosofis dan estetika yang tinggi.

Ciri khas pakaian tradisional Maluku, kemeja Cele, adalah warna merah cerah dengan motif geometris perak atau garis emas. Kemeja ini juga terbuat dari kain tebal, namun nyaman dipakai.

Dalam pakaian kustom Cele, pria atas mengenakan kemeja sebagai kemeja dalam dan ditutupi dengan kemeja Cele yang terlihat seperti kemeja. Sedangkan bagian bawah memakai celana putih atau hitam.

Dan pakaian adat untuk wanita biasanya pakaian Cele dipakai bersama dengan Kebaya, yang memiliki warna yang sama. Selain Kebaya, kemeja Cele ini juga sering dikenakan dengan sarung tenun.
2. Kebaya Putih Tangan Panjang

Gaun brokat tradisional ini memiliki warna putih yang sebelumnya dipakai oleh kalangan wanita tertentu seperti wanita kerajaan, guru dan bangsawan.

Kebaya putih lengan panjang dilengkapi dengan berbagai aksesoris seperti kancing di tangan, kancing di depan, hiasan di belakang, kaus kaki putih, jepit rambut (karkupeng), roti dan sepatu berbentuk rambut berwarna putih dan canela.
3. Tari Kebaya
Pakaian tradisional Maluku
Kebaya Dansa di pens.ac.id

Tarian Kebaya adalah pakaian tradisional Maluku yang biasanya dipakai di pesta umum. Pakaian ini adalah kemeja leher bulat tanpa kancing. Kain itu terbuat dari sejenis kain polos kecil yang berevolusi. Berbeda dengan Baniang putih, Tari Kebaya bisa dikenakan oleh pria dan wanita.
4. Gereja Kebaya Hitam
Pakaian tradisional Ambon
tentang blogger

The Church Black Kebaya adalah kebaya lengan panjang yang terbuat dari brokat hitam dikombinasikan dengan sarung bawahan dari kain yang sama. Beberapa aksesoris seperti Lenso, Black Canela dan kaus kaki putih dan Moon Bun dengan reel (jepit rambut) biasanya digunakan sebagai perangkat tambahan estetika. Sesuai namanya, pakaian ini biasanya hanya digunakan sebagai pakaian ibadah.
5. Miss Rock

Gaun Miss Rok dalam bentuk kebaya putih panjang yang terbuat dari brokat halus dan rok bunga kecil. Miss Rock biasanya menggunakan aksesoris berupa sabuk perak (peding), sanggul (moon bun), jepit rambut (reel) dan berbagai perangkat lain seperti yang digunakan pada pakaian Cale.
6. Baniang Putih
Pakaian tradisional Maluku
tentang blogger

Pakaian Baniang Putih adalah pakaian tradisional Maluku yang hanya dikenakan oleh pria. Gaun tradisional Maluku ini adalah kemeja dengan garis leher bulat dan kancing putih. Baniang putih umumnya digunakan sebagai jas.

Di kutip dari : santino rice

In Umum  

Comments are closed.