Pengertian Administrasi Perkantoran serta Fungsi dan Tujuan

Pengertian Administrasi Perkantoran serta Fungsi dan Tujuan – Definisi manajemen kantor dalam arti sempit adalah semua kegiatan teknis dan memiliki peran besar dalam melakukan operasi, menyajikan laporan kepada direktur, dan memainkan peran dalam menciptakan organisasi bisnis yang lebih efisien.

Memahami manajemen kantor

Manajemen kantor adalah serangkaian kegiatan rutin dalam organisasi yang terkait dengan manajemen data dan informasi untuk mencapai tujuan organisasi secara sistematis.

Secara etimologis, kata administrasi berasal dari bahasa Latin, yaitu Ad, yang berarti intensif dan berorientasi layanan atau bahasa Indonesia untuk membantu, melayani, atau memenuhi. Padahal, dalam arti luas, manajemen kantor dapat diartikan sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengorganisasian, dan pengawasan berbagai kegiatan kerja yang terkait dengan peran kantor yang tertib dan teratur.

Lingkup administrasi kantor

Manajer bertanggung jawab untuk merancang pekerjaan untuk karyawan, mengawasi karyawan dan meminta penyediaan fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan atau memperbaiki peralatan kantor yang ada.

Kebijakan Moneter

Berikut ini adalah ruang lingkup manajemen kantor penuh:

1. Kegiatan kantor

Kegiatan kantor yang termasuk dalam manajemen kantor meliputi:

  • Perencanaan kantor
  • Organisasi Kantor (Organisasi Kantor)
  • Pengarahan kantor (operasi kantor)
  • Pengawasan kantor (kontrol kantor)

2. Fasilitas kerja kantor

Beberapa fasilitas / fasilitas yang termasuk dalam bidang manajemen kantor adalah:

  • Lokasi kantor
  • Membangun
  • Peralatan
  • Wajah
  • Mesin kantor

Fungsi manajemen kantor

Secara umum, ada lima fungsi manajemen kantor dalam kaitannya dengan operasi organisasi. Berikut ini adalah deskripsi fungsi manajemen kantor:

  • Fungsi rutin, yaitu fungsi administratif yang membutuhkan pemikiran minimal termasuk pengarsipan dan replikasi.
  • Fungsi teknis, yaitu fungsi administratif yang memerlukan pendapat, keputusan, dan keterampilan kantor yang berkualitas.
  • Function Analyst, yang merupakan fungsi manajemen yang membutuhkan pemikiran kritis dan kreatif serta kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan akurat.
  • Fungsi interpersonal yang merupakan fungsi manajerial yang membutuhkan analisis dan evaluasi sebagai dasar untuk memutuskan sesuatu dan berkomunikasi dengan orang lain.
  • Fungsi administratif, yaitu, fungsi administrasi yang memerlukan perencanaan, organisasi, pengukuran, motivasi.

Tujuan Administrasi Kantor

Sebagaimana dinyatakan dalam definisi manajemen kantor di atas, secara umum tujuan dari proses manajemen kantor ini adalah bahwa tujuan perusahaan dapat dicapai secara efisien dan efektif serta memenuhi persyaratan teknis, ekonomi, dan psikologis.

Teknis: Ada kelebihan dan kegunaan.
Biaya: Harga sesuai dengan yang seharusnya.
Psikolog: Berikan kepuasan.

Berikut ini adalah tujuan manajemen perusahaan:

  • Berikan data dan informasi lengkap kepada mereka yang perlu melakukan tugas organisasi secara efisien dan efektif.
  • Lulus pekerjaan kantor dan administrasi untuk memastikan penerapan standar kualitas, tenggat waktu, dan prosedur yang tepat.
  • Melaksanakan kebijakan perusahaan atau departemen dan memberikan standar manajemen yang terkait dengan manajemen.
  • Bicaralah dengan karyawan tentang kinerja pekerjaan untuk mengidentifikasi masalah dan penyebabnya, dan cobalah untuk menyelesaikan masalah.
  • Berikan pelatihan atau instruksi kerja kepada karyawan.
  • Memverifikasi, melacak, dan mengevaluasi pekerjaan dengan menyusun laporan yang terkait dengan produksi, pengiriman, dan upah.
  • Melakukan proses rekrutmen, dari wawancara hingga seleksi karyawan.
  • Menafsirkan dan mengomunikasikan semua prosedur kerja dan kebijakan perusahaan kepada karyawan.

Lihat Juga :

Comments are closed.