Pengertian dan contoh negosiasi

Pengertian negosiasi

Memahami negosiasi adalah bentuk interaksi sosial antara banyak pihak yang bertujuan untuk dapat mencapai kesepakatan timbal balik yang dianggap sama-sama bermanfaat bagi semua pihak yang bernegosiasi. Subjek yang melakukan kegiatan atau kegiatan negosiasi diindikasikan sebagai negosiator.

Menurut kamus Oxford, makna negosiasi ini adalah cara yang bisa dilakukan dalam upaya mencapai kesepakatan melalui diskusi formal. Negosiasi dilakukan oleh dua (2) pihak atau bisa lebih penting lagi bahwa masing-masing pihak memiliki pendapat / tujuan yang berbeda dan juga proses negosiasi untuk mencapai kesepakatan bersama.

Kegiatan atau kegiatan negosiasi ini digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, dan biasanya negosiasi ini dilakukan karena melibatkan banyak masalah orang. Misalnya di dunia bisnis maupun di organisasi, kegiatan atau kegiatan di kedua bidang tidak pernah lepas dari proses negosiasi.

Secara etimologis, kata negosiasi ini berasal dari bahasa Inggris, yang berarti “bernegosiasi” dan “bernegosiasi” yang berarti berbicara, bernegosiasi, atau bahkan membuat penawaran. Kata itu kemudian memiliki turunan lain, yaitu “negosiasi”, yang berarti menjelaskan aktivitas berbicara atau bahkan bernegosiasi sesuatu dengan pihak lain untuk mencapai kesepakatan.
Tujuan negosiasi

Setiap kegiatan atau kegiatan negosiasi harus memiliki tujuan yang harus dicapai oleh para pihak yang bernegosiasi. Tujuan negosiasi ini adalah sebagai berikut:

Mampu mencapai kesepakatan yang dianggap bermanfaat bagi semua pihak.
Mampu menyelesaikan masalah dan juga dapat menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi oleh pihak yang bernegosiasi.
Mampu mencapai kondisi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang bernegosiasi, yang semuanya mendapatkan solusi win-win.

Contoh negosiasi

Misalnya, kegiatan negosiasi komersial atau kegiatan antara perusahaan dan perusahaan lain sangat berguna dalam mengembangkan pasar di mana tujuannya adalah untuk meningkatkan angka penjualan.

Contoh lain, proses negosiasi ini terjadi bahkan ketika produsen (penjual) dan konsumen (pembeli) menegosiasikan harga pada suatu produk ketika menetapkan harga yang disepakati. Dengan aset atau aktivitas perdagangan, penjual dan pembeli dapat menentukan harga yang dianggap sesuai dan sesuai dengan nilai suatu produk.
Manfaat negosiasi

Setelah memahami arti sebenarnya dari negosiasi dan tujuan negosiasi di bawah ini, manfaat dari negosiasi akan disajikan, termasuk:

Menciptakan kemitraan antara satu pihak dan lainnya untuk mencapai tujuan masing-masing.
Ada saling pengertian antara masing-masing pihak yang sedang menegosiasikan perjanjian yang akan dibuat dan dampaknya bagi semua pihak.
Negosiasi ini menguntungkan untuk terciptanya perjanjian timbal balik yang saling menguntungkan bagi semua pihak yang bernegosiasi.
Menciptakan interaksi positif antara pihak-pihak yang bernegosiasi sehingga kolaborasi menghasilkan dampak yang lebih luas bagi banyak orang.

Kemampuan dasar untuk bernegosiasi

Sebelum bernegosiasi, semua negosiator tentu harus memahami filosofi negosiasi. Mengacu pada pengertian negosiasi, dasar negosiasi adalah bahwa perjanjian yang diambil sama-sama menguntungkan bagi semua pihak, atau dalam arti bahwa setiap orang menang.

Sumber : https://www.materibelajar.co.id

In Pendidikan  

Comments are closed.