Pengertian Manajemen Pemasaran serta Fungsi dan Tujuan

Pengertian Manajemen Pemasaran serta Fungsi dan Tujuan – Membahas pengertian manajemen pemasaran beserta tujuan, fungsi dan konsepnya. Penjelasan di bawah ini

Definisi manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran adalah serangkaian proses analisis, perencanaan, implementasi dan pengawasan dan pengendalian kegiatan pemasaran di mana tujuannya adalah untuk mencapai tujuan perusahaan secara efisien dan efektif.

Ini juga dapat diartikan sebagai alat untuk menganalisis, merancang, mengimplementasikan dan memonitor program dalam perusahaan yang dirancang untuk membuat, membangun, dan memelihara pertukaran untuk memberikan manfaat. Keuntungan ini nantinya akan digunakan sebagai cara untuk mencapai tujuan utama suatu bisnis atau perusahaan.

Di situs Wikipedia bahasa Indonesia, gagasan manajemen pemasaran adalah proses menetapkan tujuan pemasaran dalam organisasi. Ini termasuk semua kegiatannya tentang bagaimana memenuhi tujuan-tujuan ini selain mengukur kemajuan yang telah mencapai tingkat tersebut dengan memeriksa peluang pasar dan sumber daya internal.

Manajemen Pemasaran adalah Manajer Pemasaran yang akan mempelajari struktur pembiayaan, sumber manfaat, sumber daya, dan keterampilan. Hal-hal lain yang tidak dipelajari oleh eksekutif pemasaran adalah diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integrasi vertikal, sejarah respons pengembangan industri, dan faktor-faktor lain yang masih terkait dengan pesaing.

Pasar Monopolistik

Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Bangun persyaratan

Penjualan hanya dapat terjadi jika ada permintaan dari konsumen. Untuk membangun permintaan, berbagai upaya pemasaran diperlukan untuk menghasilkan minat dan konsumen ingin tahu tentang barang.

2. Membangun kepuasan pelanggan

Tidak cukup hanya dengan mendapatkan pertanyaan dari konsumen untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan selanjutnya adalah membangun kepuasan pelanggan dengan memahami kebutuhan / keinginan konsumen, dan mengetahui bagaimana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan / keinginan tersebut.

3. Mendapatkan pangsa pasar

Tujuan berikutnya dari manajemen pemasaran adalah untuk membuat kemajuan positif dalam pangsa pasar produk. Pasar seperti kue, dan setiap potong kue adalah gambar pangsa pasar. Semua perusahaan mengharapkan pertumbuhan dan ekspansi dalam pangsa pasar atau penjualan. Padahal terkadang hanya ada tujuan mempertahankan pangsa pasar yang didapat.

4. Dapatkan untung

Tujuan akhir dari semua perusahaan adalah untuk menghasilkan keuntungan. Dan setiap perusahaan menetapkan laba nominal yang berbeda sebagai ukuran keberhasilannya. Mencapai laba nominal ini adalah salah satu tujuan manajemen pemasaran. Bagaimana perusahaan dapat menjual dengan nilai marginal optimal dapat menghasilkan tingkat penjualan maksimum.

Fungsi manajemen pemasaran

Mengembangkan bisnis atau perusahaan harus memahami manajemen pemasaran yang baik, terutama di era globalisasi ini di mana banyak pesaing bersaing untuk memasarkan produk mereka bahkan ke berbagai negara asing.

Perusahaan harus melakukan manajemen pemasaran dan melibatkannya sebagai salah satu strategi penting untuk mencapai tujuan. Manajemen pemasaran memiliki fungsi-fungsi berikut:

1. Fungsi pertukaran

Di sini, fungsi pertukaran dalam manajemen pemasaran dibagi menjadi dua fungsi utama, yaitu fungsi akuisisi dan fungsi penjualan. Selanjutnya, fungsi akuisisi berarti peran fungsi manajemen pemasaran sebagai proses timbal balik dari kegiatan penjualan. Dengan cara ini diperlukan strategi khusus, terutama memahami kegiatan yang dapat menarik konsumen untuk membeli. Sementara fungsi penjualan termasuk dalam aktivitas perkiraan jual beli yang dapat dilakukan secara langsung atau melalui broker.

2. Fungsi fisik

Fungsi fisik manajemen pemasaran berfokus pada penggunaan waktu, lokasi, dan bentuk yang harus diperhitungkan oleh suatu produk ketika suatu produk dikirim, diproses, dan disimpan kepada konsumen. Jika tidak dipertimbangkan dan dirancang dengan baik, perusahaan dapat menderita kerugian besar karena menangani produk yang tidak standar.

3. Fasilitas / fungsi fungsi penyediaan

Manajemen pemasaran juga memiliki fungsi menyediakan fasilitas karena akan dikaitkan dengan semua kegiatan yang mampu meluncurkan operasi pemasaran.

Lihat Juga :

Comments are closed.