Pengertian Pendidikan, Tujuan dan Contoh Pendidikan

Pengertian Pendidikan, Tujuan dan Contoh Pendidikan – Apa itu pendidikan? Apa tujuan pendidikan bagi negara? Berikut ini adalah penjelasan dari artikel ini tentang pendidikan, yang agak menjelaskan pendidikan secara umum dan konsep pendidikan sesuai dengan para ahli, tujuan pendidikan dan tujuan pendidikan nasional. Definisi pendidikan secara keseluruhan adalah upaya dan rencana yang tujuannya adalah agar siswa aktif dalam pengembangan potensi mereka di atmosfer dan proses pembelajaran sehingga kekuatan agama, kontrol diri, kepribadian, dan kecerdasan mereka dapat digunakan untuk diri mereka sendiri. dan masyarakat.

Ini adalah sedikit pemahaman tentang pendidikan, yang dikembangkan dalam artikel tentang pendidikan ini. Tetapi untuk lebih jelasnya, kami juga memasukkan ringkasan definisi apa yang dimaksud dengan pendidikan, dari sudut pandang beberapa pakar pendidikan atau pakar pendidikan. Segera Anda akan melihat review di bawah ini.

Pemahaman pendidikan menurut para ahli

Pengertian Pendidikan

  • Ki Hajar Devatara
    Definisi pendidikan menurut Ki Hajar Deantara adalah tuntutan untuk kehidupan anak-anak. Dengan kata lain, pendidikan adalah semua kekuatan yang sudah ada pada anak-anak, sehingga mereka menjadi orang dan anggota komunitas, menemukan keselamatan dan kebahagiaan.
  • Ahmad D Rimba
    Menurut Ahmad D Education, rimba adalah bimbingan sadar para guru, yaitu pengembangan fisik spiritual terdidik, yang bertujuan membentuk kepribadian utama.
  • H. Horne
    Menurut H. Horn, pendidikan adalah alat yang digunakan untuk melanjutkan situasi peningkatan diri dan mempertahankan cita-citanya.
  • Gunning dan Konshtamm
    Menurut Gunning dan Konshtamma, pendidikan adalah proses pembentukan suara hati dan penentuan nasib sendiri, yang etis dan sesuai dengan hati nurani.

Mengetahui secara umum dan spesialis, dapat disimpulkan bahwa definisi pendidikan adalah upaya yang dilakukan untuk proses pencarian identitas, pengembangan identitas dan proses pembentukan hati nurani. Secara etimologis, kata “pendidikan” dalam bahasa Inggris menjadi pendidikan, kata “pendidikan” dalam bahasa Latin disebut “educatum”, yang berasal dari dua kata: “e” dan “duco”, yang berarti “e dari dalam” atau “sedikit”, dan kata itu “Puco” berarti pengembangan atau pengembangan secara etimologis, pendidikan dapat diartikan sebagai proses pengembangan kemampuan dan kekuatan individu.

Mengingat bahwa, menurut kosa kata bahasa Indonesia yang luas, pendidikan dapat diartikan sebagai proses pengembangan diri dengan mengubah sikap dan perilaku individu atau kelompok orang dalam proses tumbuh dewasa melalui upaya pendidikan dan pelatihan.

Tujuan pendidikan adalah mencoba meningkatkan kualitas bangsa. Pendidikan adalah cara berenang dalam meningkatkan kualitas suatu negara. Indonesia memiliki tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UUD 1945 sebagai berikut.

Tujuan Pendidikan Nasional

  • Berdasarkan UU No. 2 tahun 1985
    Dikatakan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mendidik kehidupan bangsa dan mengembangkan orang-orang yang sepenuhnya religius, takut akan Tuhan Yang Mahakuasa, memiliki karakter yang mulia, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan fisik dan spiritual, kepribadian yang kuat dan tangerine serta rasa tanggung jawab masyarakat. .
  • Berdasarkan MCPR No. 2 1960
    Dikatakan bahwa pendidikan adalah pembentukan pankasil sejati, berdasarkan ketentuan yang diklaim oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.
  • Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003
    Dikatakan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi siswa untuk menjadi orang-orang yang percaya dan takut akan Tuhan Yang Mahakuasa, mulia, berbelas kasih, berpengetahuan, mampu, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Jadi, sebuah contoh artikel pendidikan ini dibuat dengan tujuan memberikan informasi bagi pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan, selain membantu pembaca jika mereka membutuhkannya.

Lihat Juga :

Comments are closed.