Peta Sumatra Lengkap Dengan Penjelasannya

Peta Sumatra – Indonesia memiliki sekelompok pulau yang terkenal dengan keindahannya di dunia. Salah satu pulau terbesar di nusantara adalah pulau Sumatra. Untuk mengetahui bentuk persis pulau ini, Anda bisa langsung melihat peta Sumatera.

Dilansir dari edin08 Pulau Sumatra adalah pulau yang memiliki banyak sumber daya alam, manusia dan budaya. Terlihat dari peta pulau Sumatra, pulau ini membentang dari utara ke selatan Indonesia. Pulau yang dilintasi oleh garis khatulistiwa memiliki keanekaragaman yang sangat melimpah.

Keragaman ini dapat dilihat dari sumber daya alam hingga sumber daya hayati. Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Pulau Sumatra, berikut adalah beberapa informasi tentang Pulau Sumatra.

Setidaknya dia juga harus tahu tempat-tempat mana di pulau Sumatra yang dapat dilihat secara astronomis dan geografis. Selain itu, Anda juga perlu tahu pembagian pulau Sumatera.

Lokasi pulau Sumatra

Pada peta Sumatra dimungkinkan untuk menemukan posisi pulau Sumatra. Untuk kenyamanan, posisi pulau Sumatra dijelaskan secara astronomis dan geografis di bawah. Informasi berikut:

1. Posisi astronomi
Secara astronomis, pulau Sumatra berada pada posisi dari 6ᵒLU hingga 6ᵒLS dan juga antara 95ᵒBB dan 109ᵒBT. Dengan posisi astronomis seperti itu, pulau Sumatra berada di daerah tropis. Tidak hanya itu, pulau Sumatra juga dilintasi oleh garis 0ᵒ (garis khatulistiwa).

2. Lokasi geografis
Secara geografis, pulau Sumatra terletak di bagian barat kepulauan Indonesia. Di sebelah utara, pulau Sumatra dibatasi oleh Teluk Bengal, di sebelah timur berbatasan dengan Selat Malaka.

Di bagian barat pulau Sumatra, dibatasi oleh Samudera Hindia. Bagian selatan, pulau Sumatra, berbatasan langsung dengan Selat Sunda.

Karena lokasinya, pulau Sumatra adalah pulau yang cukup besar. Luas pulau ini adalah 473.481 kilometer persegi. Dengan wilayah yang berpenduduk sedikitnya 57.940.361 jiwa, pulau Sumatra (sensus 2018) penuh sesak. Pulau Sumatra dibagi menjadi 10 provinsi.

Provinsi di pulau Sumatra

Ukuran pulau Sumatra mendorong pemerintah Indonesia untuk membagi pulau menjadi 10 provinsi. Setiap provinsi memiliki pemerintah daerah sendiri. Setiap provinsi di Pulau Sumatra memiliki keunikan tersendiri. Anda dapat melihat 10 provinsi ini di peta Sumatra. 10 provinsi berikut:

1. Nanggroe Aceh Darussalam
Provinsi ini adalah provinsi di ujung utara Pulau Sumatra. Nanggroe Aceh Darussalam memiliki ibu kota, Banda Aceh. Banda Aceh dijuluki sebagai Serambi Mekah.

Ini karena mayoritas penduduk Aceh adalah Muslim dan penyebaran Islam dimulai di Aceh. Aceh memiliki banyak pulau kecil, termasuk pulau Weh.

Baca juga: Peta Aceh

2. Sumatera Utara
Sumatera Utara adalah provinsi di utara pulau Sumatra, selatan Aceh. Ibukota utara Sumatera adalah Medan. Sumatera Utara (Sumatera Utara) memiliki populasi asli Batak dan Melayu.

Pemandangan di Sumatera utara menakjubkan. Bahkan Sumatera bagian utara memiliki danau yang terkenal di dunia, Danau Toba.

3. Sumatera Barat
Provinsi Sumatera Barat, ibukota provinsi ini adalah Padang. Sumatera Barat dihuni oleh suku-suku asli Minang. Orang Minang umumnya pandai berdagang dan memasak.

Juga di Padang ada makanan khusus yang diakui dunia karena kelezatannya. Makanan spesial ini disebut Rendang. Provinsi ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah.

4. Riau
Riau adalah salah satu provinsi di pulau Sumatra, yang memiliki kekayaan sejarah tinggi. Provinsi ini dihuni oleh penduduk asli Malaysia. Kota Pekanbaru adalah ibu kota provinsi Riau.

Wilayah Riau adalah daerah dengan banyak sungai. Riau juga dikenal karena sumber daya alamnya yang kaya akan minyak atau minyak.

5. Kepulauan Riau
Meskipun situasi di pulau Sumatra tidak seragam, pulau-pulau Riau milik pulau Sumatra. Ini karena kepulauan Riau berada tepat di sebelah provinsi Riau.

Namun, karena wilayahnya yang luas, pulau-pulau tersebut dikonversi oleh pihak Indonesia menjadi provinsi mereka sendiri. Pulau paling terkenal dari provinsi ini adalah pulau Batam.

6. Jambi
Jambi adalah provinsi di tengah pulau Sumatra. Provinsi Jambi juga dihuni oleh mayoritas kelompok etnis Malaysia. Ibukota provinsi Jambi adalah kota Jambi.

Provinsi Jambi memiliki pemandangan yang indah. Selain itu di pulau ini juga ada gunung-gunung terkenal, salah satunya adalah Gunung Kerinci.

7. Bengkulu
Provinsi ini memiliki nama ibu kota, yang juga sesuai dengan nama provinsi, Bengkulu. Di Bengkulu Anda juga akan menemukan pemandangan yang sangat indah.

Bengkulu kaya akan hutan hijau. Ada banyak hewan liar yang hidup di hutan Bengkulu. Penduduk asli Bengkulu sendiri adalah suku Melayu.

8. Sumatera Selatan
Provinsi ini terletak di bagian selatan pulau Sumatra, jadi biasa disebut Provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah nama ibu kota provinsi Sumatera Utara. Sumatra Selatan juga memiliki populasi asli Melayu.

Lansekap selatan Sumatera juga sangat mempesona. Provinsi ini juga memiliki banyak sungai. Salah satu sungai paling terkenal di Sumatra selatan adalah sungai Musi.

9. Bangka Belitung
Jika Anda melihat peta Sumatra, Anda akan melihat bahwa provinsi ini mudah dipisahkan dari pulau Sumatra. Provinsi Bangka Belitung terpisah, tetapi juga milik pulau Sumatra.

Ibukota Bangka Belitung adalah Pangkal Pinang. Pantai Malaysia berasal dari komunitas Bangka Belitung. Provinsi ini dibagi menjadi dua, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

10. Lampung
Provinsi terakhir dari pulau Sumatra adalah provinsi Lampung. Ibukota provinsi Lampung adalah Bandar Lampung. Lampung juga sangat terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Banyak hewan darat hidup di hutan provinsi Lampung. Provinsi ini juga ditemukan di bagian selatan pulau Sumatra. Provinsi Lampung memiliki kondisi alam yang subur. Orang Melayu juga penduduk asli Lampung.

Jika Anda melihat peta Sumatra, Anda akan melihat semua provinsi di pulau ini. Indonesia adalah pulau besar dengan potensi besar dan keberuntungan memiliki pulau besar ini. Pulau Sumatra juga merupakan pulau dengan keanekaragaman yang luar biasa.

Secara keseluruhan, pulau Sumatra adalah pulau hijau dengan gunung, bukit, lembah dan sungai yang mengalir. Berkembang biak Melayu adalah yang paling asli ke pulau Sumatra. Posisi pulau ini juga cukup strategis. Bahkan, banyak negara asing telah memuji pulau Sumatra karena lokasi dan keindahannya.

Demikianlah diskusi kami tentang materi lengkap peta Sumatra dengan perbatasan provinsi, pulau Sumatra dan provinsi-provinsi yang terdapat di Sumatra. Baca juga artikel kami yang lain di bawah ini.

In Pendidikan  

Comments are closed.