Pilihan makanan sehat untuk pasien yang menjalani kemoterapi

Selama kemoterapi, pasien kanker akan mengalami efek samping seperti mual, kehilangan nafsu makan, rambut rontok, masalah panggul dan banyak lainnya. Nah, salah satu kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan siap untuk kemoterapi lebih lanjut adalah mengonsumsi makanan sehat. Jadi makanan apa yang harus dikonsumsi untuk pasien yang lebih sehat selama kemoterapi?

Pilihan makanan sehat untuk pasien yang menjalani kemoterapi

Ada berbagai jenis makanan sehat yang dikonsumsi dengan baik oleh pasien kemoterapi untuk mendukung mereka terhadap efek samping dari perawatan kanker ini. Makanan-makanan ini termasuk:

1. Makanan berserat
Makan makanan berserat seperti roti atau biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan air mineral dapat membantu Anda melawan sembelit yang biasanya merupakan efek samping dari kemoterapi.

Kesulitan buang air besar bisa sangat menyiksa, terutama jika Anda sedang menjalani pengobatan kanker untuk hal ini. Karena itu, makanan berserat masuk dalam daftar makanan untuk pasien kemoterapi untuk memperlancar sistem pencernaan.

Tidak hanya sembelit, Anda juga bisa mengalami diare, efek obat kemoterapi. Nah, saat diare Anda harus memilih makanan dalam serat yang larut dalam air seperti pisang dan apel. Makanan yang mengandung serat jenis ini akan membuat tinja padat karena mereka dapat mengikat air.

Mengacu pada pedoman nutrisi seimbang dari Kementerian Kesehatan, asupan serat yang harus Anda makan dalam sehari adalah 25 gram.

2. Buah segar
Buah-buahan segar seperti jeruk dan lemon termasuk dalam makanan yang baik untuk pasien kemoterapi. Alasannya adalah bahwa kemoterapi sering menyebabkan mulut kering, sehingga buah-buahan yang kaya air seperti jeruk dan lemon dapat membantu menghasilkan lebih banyak air liur.

Buah-buahan ini bisa menstimulasi kelenjar ludah sehingga mulut menghasilkan air liur sehingga mulut bebas dari kekeringan.

Namun, hindari buah-buahan ini jika kemoterapi benar-benar melukai bibir atau tenggorokan Anda. Karena, buah-buahan ini akan menyebabkan gejala-gejala ini memburuk.

3. Makanan rendah lemak
Anda bisa kehilangan nafsu makan selama kemoterapi. Jika tidak dipilih, Anda dapat menurunkan banyak berat badan, yang membuat tubuh semakin tidak sehat. Padahal, kondisi ini bisa diatasi jika Anda menerapkan pola makan sehat dan mengonsumsi makanan sehat.

Untuk mengatasinya, Anda sebenarnya bisa menambahkan makanan berkalori tinggi dan suplemen yang meningkatkan protein untuk menjaga berat badan ideal.

Meski begitu, kondisi pasien dengan pasien lain berbeda. Karena itu, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda tentang menu makanan sehat yang bisa dan tidak boleh Anda makan.

4. Jahe
Jahe juga termasuk dalam makanan sehat untuk pasien kemoterapi. Alasannya, jahe bisa membantu Anda mengatasi mual yang bisa diakibatkan dari kemoterapi. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam berbagai bentuk; minuman dan permen jahe.

Hindari juga makanan berlemak atau makanan dengan bau menyengat karena makanan ini bisa memicu mual. Yang terbaik adalah makan makanan dingin karena makanan panas lebih mungkin membuat Anda merasa sakit.

5. Bawang putih
Bawang putih dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga bawang putih juga termasuk dalam makanan yang baik untuk pasien kemoterapi. Anda bisa makan bawang putih mentah atau dimasak. Keduanya sama-sama baik untuk meningkatkan sistem kekebalan pada pasien kemoterapi.

Bawang putih kaya akan antioksidan yang dapat merangsang kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker.

Baca Juga :

In Kesehatan  

Comments are closed.